PENGEMBANGAN RUMAH PEMBERDAYAAN SUSU MELALUI MANAJEMEN USAHA DAN PRODUKSI DI KELURAHAN SONGGOKERTO KOTA BATU

Sri Wilujeng, Ida Nuryana

Abstract


Rumah Pemberdayaan Sussu berdiri atas dasar fenomena yang terjadi di sekitar warganya. Ketersediaan bahan baku yang melimpah karena sapi perah banyak dibudidayakan oleh masyarakat Kelurahan Songgokerto dan terbukanya pasar karena produk oleh-oleh khas Kota Batu sangat diminati oleh para wisatawan. Banyaknya kaum ibu-ibu yang tinggal di sekitar rumahnya dan tidak memiliki aktifitas usaha di tengah himpitan ekonomi yang semakin kuat mendorong penggagas untuk memberdayakan mereka dalam pengembangan usaha pengolahan susu ini.Terbatasnya produk olahan susu berupa camilan di Kota Batu berdampak pada tingginya permintaan pasar tehadap produk yang dihasilkan oleh Rumah Pemberdayaan Susu Batu, akan tetapi usaha ini mengalami kesulitan dalam meningkatkan volume produksinya karena proses produksi masih dilakukan secara tradisional dan monoton. Tujuan kajian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang utuh dan komprehensif tentang Manajemen Usaha dan Produksi dalam proses produksi olahan susu sertamemberikan pemahaman tentang kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan produk susu. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa warga sekitar dapat diberdayakan secara produktif dan termotivasi mengembangkan usahanya dengan pendekatan manajemen usaha dan inovasi produk dengan cara mengikuti pelatihan dan pendampingan pembuatan aneka olahan susu yang mempunyai nilai ekonomis dan menambah pendapatan keluarga. Alih tekhnologi yang diberikan dan dilatihkan berupa mixer spiral dan foot pedal sealer untuk meningkatkan kapasitas produksidengan harapan mampu meningkatkan kwalitas dan daya saing produk yang dihasilkan.

Keywords


Pelatihan; Kewirausahaan; Manajemen Usaha; Inovasi;

References


Alma, Buchori. 2000. Kewirausahaan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Blakely, E.J. 1989.Planning Local Economic Development: Theory and Practice. Second Edition. London: Sage Publication.

Carey, M.A. 1994. The group effect in focusgroups: planning, implementing, and interpretingfocus group research. In Critical Issues inQualitative Research Methods(Morse J.M., ed.).Sage: Thousand Oaks, 225-241.

Cooper, J.R.1998. A Multidimensional Approach to the Adoption of Innovation. Management Decision, 36(8): 493-502.

Edi Setiadi Putra. 2011. Perancangan Diversifikasi Produk Berbasis Tenun Songket Khas Nagari Halaban Kab. Lima Puluh Kota, Propinsi Sumatera Barat. Lembaga Penelitian Dan Pemberdayaan Masyarakat Institut Teknologi Nasional (ITENAS). Bandung.

Damanpour, F. 1991. Organizational Innovation: A Meta Analysis of Effect of Determinants and Moderators. Academy of Management Journal, 34(3): 555-590.

Hadiati, Sri, 2008, Perilaku Wirausaha Industri Keramik Berskala Kecil untuk Meningkatkan Daya Saing Produk di Malang, Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.10, No. 2, September 2008: 115-123.

Lastriyanto Anang. 2016. Peranan Inovasi Teknologi dalam Pengembangan Bisnis dan Pemberdayaan Wirausaha Pemula di Kota Malang.Lokakarya.Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Malang.

Lucius Hermawan. 2015. Strategi Diversifikasi Produk Pangan Olahan Tahu Khas Kota Kediri.Jurnal JIBEKA.Volume 9 Nomor 2 Agustus 2015.

Munandar, Aries. 2012. http://www.uinmalang.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2883:%20peran-ukm-dalam-pertumbuhanekonomi-bangsa & catid = 35: artikeldosen&Itemid=210. Kamis, 7 Maret 2013.

Quinn, J.B., Baruch, J. & Zien, K. A. 1996. Software-based innovation. SloanManagement Review, 37(4): 1124.

Rita Indah Mustikowati, Irma Tyasari.2014. Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, Dan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada UKM Sentra Kabupaten Malang). Jurnal Modernisasi, Volume 10, Nomor 1, Februari 2014.Fakultas Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang.

Sujadi, Edi Priyono, Fereshti N.D. 2008. Membangun Sinergi Bagi Pengembangan Produk UKM Berbasis Ekspor Di Klaster UKM, Serenan, Klaten. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Solo.

Suryana, 2003.Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Edisi Revisi, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Suryana, Yuyus dan Kartib Bayu, 2011. Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses, Jakarta: Penerbit Kencana, Prenada Media Group.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi pertama, Graha Ilmu.Yogyakarta.

Wijatno,S. 2009. Pengantar Entrepreneurship, Jakarta: PT Gramedia Widiarsarana.

Zainul Muchlas.2015. Strategi Inovasi Dan Daya Saing Industri Kecil Menengah (IKM) Agro Industri Di Kota Batu. Jurnal JIBEKA. Volume 9 Nomor 2 Agustus 2015: 78 91.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.