Development of a Digital-Based Attitude Assessment Model in Distance Learning

Mutiara Arlisyah Putri Utami(1),


(1) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

Abstract

Penilaian merupakan aspek fundamental dalam pembelajaran jarak jauh, oleh karena menggambarkan beberapa aspek penilaian salah satunya aspek sikap. Namun terdapat tantangan dalam penilaian pembelajaran jarak jauh, terlebih dengan kondisi objek penilaian yang tidak dapat diamati secara langsung, sistem penilaian berbasis digital dapat menjadi solusi yang bisa digunakan untuk mempermudah proses penilaian. Penelitian RnD ini bertujuan untuk mengembangkan model penilaian sikap berbasis digital yang dapat digunakan sebagai acuan model penilaian sikap. Desain Spiral Action Research yang digunakan terdiri dari tahap Look, Think dan tahap Act dengan menggunakan langkah pengembangan Gall & Borg, 1989.   Data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, wawancara, FGD dan angket pada subjek penelitian yaitu mahasiswa aktif yang menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh. Hasil analisis menggunakan aplikasi SPSS 16.0 dan Lisrel menunjukkan model penilaian dengan nilai r2 atau korelasi sebesar 1,0, Standarized Factor Loading >  0,5 atau  valid.  Di samping itu seluruh parameter menunjukkan kriteria goodness of fit index model, index Chi square atau x2 sebesar 2,40 dan p value  0,792 atau ≥ 0.05 sehingga level of fit dalam kategori baik, kemudian index RMSEA sebesar 0.00012 atau ≤ 0.08 juga termasuk dalam level of fit yang baik, sementara Normed Fit Index,  Non-Normed Fit Index, Comparative Fit Index, Incremental Fit Index, Relative Fit Index, Goodness of Fit Index menunjukkan hasil  ≥ 0.90 yaitu sebesar 1,00 dan Adjusted Goodness of Fit Index sebesar 0,98 yang juga termasuk dalam level of fit yang baik. Adapun model penilaian sikap terbagi menjadi dua aspek yaitu aspek sikap sosial dan sikap spiritual. Aspek sikap sosial diukur melalui tujuh indikator yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, pancasilais, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif dan mandiri, kemudian aspek spiritual dapat diukur melalui empat indikator yaitu religius, peduli lingkungan, toleransi dan peduli sosial.

Keywords

Assessment; Attitude Assessment; Distance Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats