PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR BEBAS SISWA B1 MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PEMBERIAN MOTIVASI

Endang Widiyastuti

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui, mengidentifikasi, dan mendeskripsikan strategi pembelajaran ”pemberian motivasi” bercerita/berdialog untuk membangkitkan perhatian dan merangsang lahirnya motif yang dapat dijadikan dasar dalam berkarya; serta strategi pembelajaran ”pemberian motivasi” tiga cara untuk meningkatkan kualitas hasil kemampuan menggambar bebas pada peserta didik. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 3 siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipasif; wawancara informal secara mendalam terhadap guru; dan kumpulan karya (portofolio kerja) peserta didik. Uji Validitas Data digunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan diskusi bersama guru dengan peneliti untuk membahas kemajuan yang telah dicapai. Hasil  penelitian menunjukkan hasil: a). Strategi pembelajaran pemberian motivasi melalui bercerita/berdialog yang dirancang lebih atraktif dan menarik dapat membangkitkan perhatian dan rangsangan lahirnya motif yang dapat dijadikan dasar dalam berkarya (kegiatan menggambar bebas) pada peserta didik. b). Strategi pembelajaran ”pemberian motivasi” dinyatakan dapat meningkatkan penguasaan peserta didik akan teknik, bahan/alat, dan mengenalkan warna dalam kegiatan menggambar bebas, serta meningkatkan kualitas hasil kemampuan menggambar bebas peserta didik.

 

The goals of this research are to find out, identify, and describe learning strategy of “motivation rewarding” in retelling/making dialogs to evoke students’ attention and stimulate their motives for drawing; and to use three ways of “motivation rewarding” to develop their aptitude in a free drawing. The action research was conducted in three cycles. Techniques of collecting data were implemented by participatory observation; a thorough informal interview with teachers; and students’ portofolio. Data validity test used data source triangulation, method triangulation, and discussion with teachers and researchers to evaluate the achieved progress. The findings show: (a) Learning strategy of motivation rewarding through a more attractively designed retelling/making dialogs could evoke students’ attention and stimulate their motives to make free drawings; (b) Learning strategy of motivation rewarding could improve students’ mastery of techniques, materials/tools, and colors in free drawing activity, and enhance the quality of their free drawing aptitude.


Keywords


pendekatan; strategi; menggambar bebas; pemberian motivasi

Full Text:

PDF

References


Andayani. 2002. Terapi Strategis Pembinaan Daya Cipta Gambar Murid Taman Kanak-kanak di Kodya Surakarta . Varidika Varia Pendidikan, Vol. 14 No. 25 Desember 2002: 79-88.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1992. Bahan Dasar Peningkatan Wawasan Kependidikan Guru TK Program Kegiatan Belajar Pengembangan Agama Islam . Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kaldera Pustaka Nusantara.

Gulö, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: PT. Grasindo.

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan . Edisi kelima . Jakarta: Penerbit Erlangga.

Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak . Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Salam, Sofyan. 2005. ”Paradigma Pendidikan Seni Berbasis Anak, Disiplin, dan Multikultural” . Makalah disampaikan pada perkuliahan Paradigma dan Masalah Pendidikan Seni, UNNES Semarang.

Sanggar Melati Suci. 1994. Sanggar Melati Suci (1979-1994) . Yogyakarta: Aquarius Offset.

Soedarsono, FX . 1997. Pedoman Pelaksanan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagian Kedua Rencana, Desain dan Implementas. Yogyakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pendidikan Tenaga Akademik, BP-GSD, UP-SD, UKMP-SD

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sulistyo, Edy Tri. 2004. Penerapan Teori Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Seni Lukis anak. Paedagogia, Jilid 7 No. 1 Pebruari 2004: 23-34.

Sumarwati. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagaimana Menyusun Proposal dan Laporannya? Makalah disampaikan pada Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) Rayon 13 Surakarta, FKIP UNS Surakarta.

Sumaryanto, Totok. 2006. Konsep Pendidikan Seni. Makalah disampaikan pada perkulihan Konsep Pendidikan Seni, UNNES Semarang.

Suharto, S. (2011). ACTION RESEARCH TO SOLVE MUSIC TEACHING PROBLEMS IN THE SCHOOL. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 1(1). doi:http://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v1i1.835




DOI: https://doi.org/10.15294/harmonia.v12i2.2521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.