MODEL PENGEMBANGAN NASKAH AUDIO LAGU UNTUK MELATIH PENCAPAIAN PERKEMBANGAN MUSIK PADA ANAK USIA 4 - 6 TAHUN

Rina Wulandari(1),


(1) Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran Gunungpati Semarang

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah belum adanya model pengembangan media audio untuk melatih pencapaian perkembangan bermain musik di Kelompok Bermain. Berdasarkan masalah yang ada maka rumusan masalah penelitian yaitu bagaimanakah model pengembangan media audio yang dapat melatih pencapaian perkembangan bermain musik anak usia Kelompok Bermain. Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengetahui model pengembangan media audio yang dapat melatih pencapaian perkembangan bermain musik anak usia Kelompok Bermain. Model pengembangan produk media dikhususkan untuk menentukan langkah-langkah maupun jenis kegiatan dari analisis kebutuhan, desain, pengembangan, evaluasi, dan implementasi produk penelitian ini.

 

The problem dealt with in this research is the absence of audio media development model used to elicit children’s musical aptitude in a play group. Accordingly, the problem formulated in this research is how the development model of audio media could improve children’s musical aptitude. The goal of this research is to find out how the development model of audio media could improve the children’s musical aptitude. This model is specified to determine stages as well as kinds of activities in terms of need analysis, design, aptitude development, evaluation, and implementation of the research product.

Keywords

model pengembangan; naskah audio lagu; perkembangan musik

Full Text:

PDF

References

Frantiska. 2008. One Sound is Worth a Thousand Words: Using and Understanding Audio Files. The Technology Teacher. Reston. Vol. 67, Iss. 5; pg. 23, 6 pgs. pada

http://proquest.umi.com/pqdweb?index=5&did=1424218741&SrchMode=1&sid=8&Fmt=3&VInst=PROD&VType=PQD&RQT=309&VName=PQD&TS=1299072218&clientId=68516 (diakses 2 Maret 2011).

Gestwicki, Carol. 2007. Developmentally Appropriate Practice Curriculum and Development in Early Education. Third edition. Delmar US.

Sadiman dkk. 2009. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta: Rajawali Pers.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Indeks.

Smaldino, dkk. 2008. Instructional Technology and Media for Learning Nine Edition. Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.