IMPLEMENTASI METODE PENDEKATAN KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN PADUAN SUARA

Ayugi Destiannisa(1),


(1) Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kendal, Jl.Soekarno – Hatta 187 Kendal

Abstract

Pendekatan pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran yang diduga berpengaruh terhadap baik buruknya hasil pembelajaran kelak. Peran pembimbing ataupun pelatih dalam suatu kegiatan non formal seperti ekstrakulikuler paduan suara menggunakan pendekatan dalam pembelajaran yang tepat kepada siswa yang mengikuti agar dapat mencapai tujuan secara efektif, efisien, dan kondusif sesuai dengan yang diharapkan. Dalam kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler paduan di SMP N 2 Kendal pelatih menggunakan metode yang efektif yaitu metode pendekatan kognitif. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan atau aplikasi metode pendekatan kognitif dalam pembelajaran ekstrakulikuler paduan suara di SMP N 2 Kendal adalah melalui tahapan–tahapan seperti, (1) persepsi, (2) perhatian, (3) bahasa, (4) materi pembelajaran ekstrakulikuler paduan suara, (5) ingatan, (6) imajeri, (7) penalaran, dan (8) pemecahan masalah.

 

Learning approach is one of important components in learning process since it will influence on the results of the following learning. The role of supervisor or trainer in a non-formal activity such as extracurricular choirs should take an appropriate learning approach into account so that students would grasp the learning effectively, efficiently, and conducively as it is expected. In the choir extracurricular learning activity at Public Junior High School 2 Kendal, a trainer used a cognitive approach method. The result shows that the use or application of the approach was conducted through stages including (1) Perception, (2) Attention, (3) Language, (4) Choir extracurricular learning material, (5) Memory, (6) Imagery, (7) Reasoning, (8) Problem Solving.

Keywords

pembelajaran; kegiatan ekstakurikuler; pendekatan kognitif; paduan suara

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ke-III. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, Syaiful B. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hadi, Gunawan, dkk. 1994. Pelajaran Seni Musik dan Tari. Surakarta: Widyaduta

Simanungkalit, Nortir. 2008. Teknik Vokal Paduan Suara. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sumaryanto, F.Totok. 2007. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Seni. Semarang : UNNES Press.

Leimena,CatharinaWawengkang.1994. Teknik Vokal Penunjang Nilai Artistik Suatu Paduan Suara (Makalah Seminar Lokakarya Musik Gereja di Caringin, Bogor September 1994)

Suharto. 2008. “Membina Paduan Suara di Perguruan Tinggi†Makalah pelatihan One Day Training di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang Tanggal 12 Nopember 2008.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.