RELEVANSI PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH INSTRUMEN PILIHAN WAJIB PIANO DENGAN TUJUAN KURIKULUM FPBS UPI

Diah Latifah(1),


(1) Universitas Pendidikan Indonesia Jl. Dr. Setiabudhi 229, Bandung 4015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari relevansi antara proses pembelajaran mata kuliah instrumen pilihan wajib piano, dengan tujuan kurikulum Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni UPI. Data penelitian adalah mahasiswa-mahasiswa peserta mata kuliah instrument pilihan wajib piano  dan tiga dosen pengampunya serta dokumen kurikulum FPBS UPI tahun 2009 yang memuat tujuan kurikulum. Metode penelitian yang digunakan adalah  metode evaluatif dengan ciri khusus studi kasus sosial inkuiri. Hasil penelitian menyatakan, bahwa para peserta mata kuliah bersangkutan masih belum dibekali dengan materi komponen pembelajaran musik umum yang diaplikasikan melalui piano. Rekomendasi menyarankan subyek mata kuliah diperkaya dengan materi yang bersifat pendidikan dan pembelajaran musik yang diaplikasikan melalui piano.

 

This study aims to explore the relevance of the instructions processes of “Piano as a Compulsory Course†and the purpose of the curriculum of the Faculty of Education, Language and Arts at UPI. Data research participants were students of this course and three lecturers and the curriculum goals of FPBS UPI for 2009. The method used is an evaluative method of case studies in social inquiries with special features. The results of research are; the participants stated that the course has not yet provided the students with the material components of general music instructions applied through piano. Recommendations suggest that the subject of the course material be enriched with education and music instruction as applied through piano music.

Keywords

proses pembelajaran, studi relevansi, tujuan kurikulum.

Full Text:

PDF

References

Bessoms, M E. et al. 1980. Teaching Music in To days Secondary Schools. New York: Holt, Rinehalt and Winston, Inc.

Landman. 2006. Translation (2006) of: Landman, W. A.: Fenomenologiese metode. Pedagogiekjoernaal (1983) Vol. 4, No. 2, 44-64.)

Schaffer, R. M. 1975. Creative Music Education. New York: Schirmer Books.

Stake, R E. 2005. Case Study. Tersedia Dalam (http://www.uni-kassel.de/fb5/kigg/dateien/Stake,%20case%20studies.pdf)

Stake, R E. 2009.Case Study In Social Inquiry. Wawancara pribadi dengan penulis, Tersedia Dalam ([email protected])

Stake, R E. 2009. Circle Design Case Study. Wawancara pribadi dengan penulis, Tersedia Dalam ([email protected])

Stake, R E. 2000. et al. Evaluate Teaching. Tersedia Dalam (http://www.ed.uiuc.edu/circe/Publications/E_T_Contents_2000.pdf)

Stake, R E. 2001. Teacher Evaluation. Tersedia Dalam (http://www.education.ualberta.ca/educ/psych/crame/files/rr98_01Stake.PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.