PENINGKATAN KEMAMPUAN VOKAL MELALUI METODE SOLFEGIO

Putut Sulasmono

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan vokal setelah diberikan metode solfegio pada peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 2 Kayen Kabupaten Pati tahun 2009/2010 dan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar vokal setelah diberikan metode solfegio peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 2 Kayen abupaten Pati tahun 2009/2010. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif  kualitatif dan kuantitatif, rancangan penelitian tindakan kelas dilakukan dua siklus setiap siklusnya empat pertemuan, pada semester dua tahun pelajaran 2009/2010.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 40 peserta didik mencapai kriteria baik jumlahnya 33 peserta didik (82,5 %). Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode solfegio di kelas VIII A SMP 2 Kayen Kabupaten pati dapat meningkatkan kemampuan vokal peserta didik. Berdasarkan analisa data keadaan dipengaruhi adanya respon yang baik dari peserta didik terhadap latihan intonasi, ritme serta harmoni. Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode solfegio di kelas VIII A SMP 2 Kayen Kabupaten Pati, peningkatan aktivitas belajar pada kegiatan visual activities, listening activities, oral activities serta motor activities pemberian latihan-latihan dengan metode solfegio memberikan stimulus yang menyenangkan terhadap aktivitas belajar sehingga terjadi perubahan pengalaman belajar. Rerata aktivitas belajar vokal peserta didik dengan nilai 3.86 dengan skor 40 – 52 (50) predikat aktivitas belajar sangat baik.

 

The goals of this research are to find out the improvement of vocal skill of students at VIII A class of 2009/2010 year of Public Junior High School 2, Kayen, Regency of Pati after having been treated with solfegio method and to identify how the method could improve the students’ vocal learning activity. Technique of data analysis used descriptive qualitative and quantitative analysis. The design of action research was conducted in two cycles; each cycle consisted of four meetings, in the second semester of 2009/2010 year. The finding shows that among 40 students, 33 of them reached a good criteria (82,5%). The research shows that the use of solfegio method in the class could improve students’ vocal skill. Based on data analysis, the condition was influenced by good response from students toward intonation, rhythm, and harmony practices. It also shows that the use of the method could enhance students’ visual, audio, oral, and motor activities; giving more exercises by solfegio method could give an enjoyable stimulus to their learning activity so that their learning experience changed accordingly. The average grade of students’ vocal learning activity was 3.86 with the score of 40 – 52 (50); the learning activity was considered very good.


Keywords


kemampuan vokal, aktivitas belajar, solfegio

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Abu dan Supriyono. 2003. Psikologi Belajar. Rineka Cipta. Jakarta

Benward. 1983. Work Book in Ear Training. Ilinois: Itaska

Conant, Howart. 1996. Art educations. New York. The Center For Applied Reseach In Educations.

Depdiknas. 2002. Pedoman Pengembangan Silabus SLTP. Jakarta: Dikdasmen.

De Porter, Bobbi dan Mike Hernachi. 2008. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Penerjemah: Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.

Djamarah, Syaiful B. dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar . Rineka Cipta. Jakarta

Edmund Prier, Karl. 2009. Kamus Musik. Yogyakarta.Pusat Musik Liturgi.

Hartoyo, Jimy. 1994. Musik Konvensional dengan Do Tetap. Yogyakarta.

Yayasan Pustaka Nusantara.

Hill, Winfred F. 1990. Teories of learning. Teori-teori Pembelajaran. Konsepsi, Komparasi dan Signifikasi. Terjemahan M. Kosim. Bandung: Nusa Media

Trubit and Hines, Robert. 1979. Ear Training and Sight-Singing. New York: A division of Macmilon Publishing Co., Inc.

Hamalik, Umar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Mahmud, AT. 1995. Musik Dan Anak. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni . Semarang: Unisa University Press.

Jamalus. 1987. Musik IV. Jakarta: Proyek Pengadaan Buku SPG.

----------. 1988. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kodiyat, Latifah. 1983. Istilah-istilah musik. Jakarta. Depdikbud

Koentjaraningrat. 1989. Masalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem. Jakarta: Bina Aksara

Kartono. 1990. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud

Kennedy, Michael. 1985. The Oxford Dictionary Of Music. New York. Oxford University Press.

Miles & Huberman,Terjemahan Rohidi. 1992. Model Analisis Data Interaktif Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Kebudayaan .

Malafronte, Judith. 2006. Singing in Style : A Guide to Vocal Performance Practices.Opera News. New York. Juli 2006. Vol. 71.Iss.1;pg.63,2 pages.

Nazir, Moh. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Osborne, Conrad L. 2006. The Voice and Singing. Opera News.New York. Oktober 2006.Vol.71.Iss.4; P.78 (1 page).

Randel, Don Michael. 1999. The Harvard Consice Dictionary Of Music and Musicians. England. The Belknap Press of Harvard University Press.

Repelita, Malona. 1994. Makalah Temu Ilmiah dan Festifal MSPI. Jakarta

Rohidi, Rohedi Cecep. 2000. Ekspresi Seni Orang Miskin.Adptasi Simbolik Terhadap Kemiskinan. Bandung . Nuansa Yayasan Nusantara

Rowlins , Robert. 2006. “ The Amirican Music Teacherâ€. Cincinnati. Dec.2005/Jan.2006. Vol.55.Iss.3; halaman 26-30.

Suharsimi Arikunto. 2007. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research - CAR). Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Sumaryanto, F. Totok . 1997. Pengembangan Instrumen Pengukuran Kemampuan Solfegio, Tesis (tidak dipublikasikan), IKIP Jakarta




DOI: https://doi.org/10.15294/harmonia.v13i1.2532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.