ANALISIS KEBUTUHAN GURU SENI MUSIK DALAM KONTEKS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS ACTION LEARNING DI SEKOLAH

Udi Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendiskripsikan kompetensi yang diperlukan para calon guru seni musik dalam konteks pelaksanaan pembelajaran berbasis action learning dan kendala-kendala yang dihadapinya. Artikel hasil penelitian ini merupakan temuan pada tahap kegiatan analisis konteks penelitian pengembangkan materi ajar mata kuliah keahlian Program Studi Pendidikan Seni Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari desain penelitian model spiral yang dikembangkan oleh Cennamo dan Kalk. Berdasarkan data yang diperoleh pada kegiatan analisis konteks yang terkait dengan kebutuhan yang diperlukan dalam penelitian pengembangan materi ajar mata kuliah keahlian Program Studi Pendidikan Seni Musik dalam Konteks Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Action Learning ini diperoleh informasi pentingnya beberapa hal seperti: (1) penguasaan konsep dan simbul-simbol musik yang diperoleh melalui berbagai pengalaman musikal (bernyanyi, bermain alat musik, berkreasi musik, dan lain-lain); (2) strategi pembelajaran seni musik yang mencakup metode, kegiatan pembelajaran, dan media pendukung; (3) kemampuan memainkan alat musik pengiring seperti keyboard, piano atau gitar; dan (4) kemampuan menciptakan lagu model yang diperlukan dalam pembelajaran seni musik.


This study aims to identify and describe competencies required by students of music education in the context of action learning-based and learning constraints that their face. This article is the result of research findings in the step of context analysis of development research of subject matter expertise, Musical Arts Education Program, Faculty of Languages and Arts, Semarang State University. The study was conducted by the development research approache adapted of the research model design developed by Cennamo and Kalk. Based on the data obtained in the context of analytical work related to the research needs required in the course of teaching material development expertise at Music Education Program Implementation in the context of action learning-based is obtained the importance information of things such as: (1) mastery of concepts and music symbols obtained through a variety of musical experiences (singing, playing musical instruments, creating music, etc.), (2) the art of music learning strategy includes methods, learning activities, and media support, (3) the ability to play a musical instrument such as keyboards, piano or guitar , and (4) the ability to create a song model required in music learning.


Keywords


Materi ajar; keahlian; kompetensi; pembelajaran; action learning

Full Text:

PDF

References


Cenamo, K, & Kalk, D. 2005. Real World Instructional Design. Victoria: Thomson Learning, Inc.

Creswell, J. W. 2003. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Second Edition). London: Sage Publications Ltd.

Hong, J. C. 2009. A Study of Influential Factor for Creative Teaching. Diunduh 1 Nopember 2009 dari hhtp// conference.nie.edu.sg/conferted.pdf/ab00202.pdf.

Jamalus. 1988. Pembelajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Dirjendikti Depdikbud.

Astuti, K. S. 2010. Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran seni Budaya SMP. Jurnal Kependidikan. Vol. 40 No. 1 Hal. 87-98.

Regelski, T. A. 1981. Teaching General Music. London: Collier Macmillan Publishers.

Sheppard, P. 2007. Music Makes Your Child Smarter. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sinaga, S. & Utomo, U. 2010. Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Seni Musik di SMP (Studi Kasus pada Pelaksanaan Pembelajaran Seni Musik di SMP Kota Semarang). Penelitian Dasar tidak diterbitkan: LP2M Universitas Negeri Semarang.

Yoseph, W. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP): Studi Kasus dalam Pembelajaran Musik di SMA Citischool Semarang. Harmonia Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni, Vol. 9, No. 1, Hal. 49-57.




DOI: https://doi.org/10.15294/harmonia.v13i2.2777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.