Gender dan Musik: Kajian tentang Konstruksi Peran Laki-laki dan Perempuan dalam Proses Pendidikan Musik (Gender and Music: Research of Men’s and Women’s Role Construction in the Music Education Process )

Udi Utomo

Abstract


Perbedaan antara laki-laki dan perempuan secara alami (biologis) dalam berbagai
konteks budaya seringkali mendasari diferensiasi peran (division of labor) yang ada.
Artikel ini merupakan hasil penelitian yang mengkaji tentang bagaimana
konstruksi peran laki-laki dan perempuan dalam dunia pendidikan, khususnya
bidang pendidikan seni musik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi
wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan yakni dengan mengembangkan deskripsi kasus, yang prosesnya
dilakukan dengan tahap reduksi data, kategorisasi, dan penafsiran data
(verifikasi/penarikan kesimpulan).Hasil penelitian menunjukan bahwa konstruksi
peran laki-laki dan perempuan dalam proses pendidikan musik terjadi pada
lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Realitas obyektif yang
mencakup berbagai pandangan, sikap, perilaku, dan pemberian makna terhadap
diferensiasi peran laki-laki dan perempuan berdasarkan budaya (nurture) yang
terdapat dalam lingkungan keluarga memiliki peran yang menonjol dalam proses
konstruksi peran dikalangan siswa dan mahasiswa perempuan. Sedangkan bagi
siswa dan mahasiswa laki-laki, proses konstruksi peran selain terjadi di dalam
lingkungan keluarga juga terjadi di dalam lingkungan sosial masyarakat. Bias
gender yang terjadi dalam proses konstruksi peran laki-laki dan perempuan dalam
penelitian ini ditunjukan dengan masih adanya pandangan stereotype gender di
kalangan orang tua, siswa, dan mahasiswa musik.
Kata kunci : Gender, Musik, Konstruksi, Peran, Pendidikan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15294/harmonia.v7i1.744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.