Efektivitas Pergelaran Tari bagi Mahasiswa Sendratasik Unnes (Performance Effectiveness of Dance for Sendratasik Students of Unnes) Usrek Tani Utina dan Wahyu Lestari Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Sendratasik FBS, Universitas Negeri Semarang

Usrek Tani Utina(1), Wahyu Lestari(2),


(1) 
(2) 

Abstract

Banyak problem yang dihadapi mahasiswa Sendratasik Unnes dalam mata
kuliah Pergelaran Tari, misalnya waktu yang sangat sempit, pengalaman mahasiswa
yang masih terbatas, dan materi yang harus di-garap. Dalam penelitian ini masalah yang
diangkat adalah “Efektifkah Pergelaran Tari bagi Mahasiswa Jurusan Seni Tari, dan
Faktor-faktor apakah yang menjadi pendukung atau penghambat Pergelaran Tari
tersebut�
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif meskipun juga
mengambil jasa kualitatif guna lebih menjelaskan fenomena-fenomena yang ditemukan
di lapangan. Data dijaring secara observasi partisipasi, wawacara, dokumentasi, angket,
dan tes. Data dianalisis secara deskriptif persentase dan rumus korelasi product’s moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa masih banyak mengalami
kesulitan dalam menghasilkan karya tari yang disebabkan oleh beberapa faktor
penghambat antara lain kemampuan mahasiswa, kurangnya apresiasi, terbatasnya
sarana dan prasarana, serta terbatasnya penari pendudukung karya. Analisis data
menunjukkan hasil r xy = -0,005, r tabel untuk N = 18 diketahui 0,468. Ternyata r
hitung < dari r tabel, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang
signifikan antara profil dosen pemberi matakuliah pergelaran terhadap hasil nilai
pergelaran.
Saran yang dapat direkomendasikan adalah agar para mahasiswa Sendratasik
Unnes banyak diberikan apresiasi berupa melihat pertunjukan tari, atau karya-karya tari
sebagai bahan inspirasi. Kemudahan-kemudahan lain seperti pemilihan penari.
Kata kunci: Efektivitas, Pergelaran Tari

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.