Pengembangan Model Pembelajaran Seni Berbasis Kompetensi Pada Anak Usia Dini (The Development of Competency Based Art Learning Model on the Early-Childhood Children)

- Hartono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripikan (1) Kemampuan guru dalam mengidentifikasi isikurikulum; (2) Tingkat pola interaksi antara guru dan anak, (3) metode pengajaran yangdigunakan, (4) Pola-pola pemanfaatan potensi alam sekitar sekolah; (5) Tingkat kesulitananak Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Lokasi di Jawa Tengah. Analisis data dilakukan dengan metode interaktif dari Milles danHubermann. Temuan penelitian menunjukkan (1) Kemampuan guru dalam mengidentifikasiisi kurikulum, Menyusun program pembelajaran mingguan maupun program pembelajaranharian mengacu enam aspek perkembangan.. Program Perencaaan Harian disesuiakandengan kondisi dan situasi di setiap TK masing-masing. Rancangan Satuan KegiatanMingguan, yang berkaitan dengan seni menunjukkan bahwa materi seni musik, seni tari, senidrama, dan seni rupa belum adanya saling keterkaitan dan kesinambungan pada setiap tatapmuka. (2) Tingkat pola intereaksi antara guru dengan anak dalam kegiatan pembelajaran seniterjalin sejak anak sebelum memasuki ruang kelas. (3) Pemilihan metode pengajaran seni,guru kurang memadukan dari beberapa metode. (4) Pemaksimalan pemanfaat potensi alamsekitar dalam pembelajaran seni, masih dimungkinkan untuk ditingkatkan. (5) Tingkatkesulitan anak dalam memahami konsep-konsep seni yang diajarkan oleh guru sangatberagam. (6) terumuskan model pembelajaran seni untuk AUD. Saran-saran yangdisampaikan dalam penelitian ini (1) Perlu pendalam materi seni bagi guru-guru TK. (2)guru di setiap TK perlu ditambah, (3) harus lebih berani danlebih kreatif dalam melaksanakan pembelajaran seni.

Kata kunci : Anak Usia Dini, Pembelajaran, Seni, Kompetensi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15294/harmonia.v8i1.796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.