Mandala Pendidikan Seni (The Mandala of Art Education)

Maria Jazuli(1),


(1) 

Abstract

Pendidikan seni memiliki peranan krusial dalam membantu pendewasaan pesertadidik, dalam kerangka The values of Education in the context of Nation and CharacterBuilding'. Pendidikan seni merupakan pendidikan nilai yang berdimensi mental(moral), analisis, dan sistesis sehingga dapat membantu kecerdasan emosional danintelektual, menghargai pluralitas budaya dan alam semesta, menumbuhkan dayaimajinasi, motivasi dan harmonisasi peserta didik dalam menyiasari dan menanggapisetiap fenomena sosial budaya yang muncul ke permukaan. Atas dasar itulah,pendidikan seni mempunyai tujuan seperri halnya tujuan pendidikan umumnya,pengembangan pribadi secara utuh. Perbedaannya di dalam tujuan pendidikan senihal-hal yang berkaitan dengan norma dan sistem nilai tidak bisa diamari secaralangsung (intangible). Gejala rohani dan sistem nilai hanya dapat direfleksikan secarafilosofis, dalam arti dapat ditangkap makna simbolisnya berdasarkan aktualisasi sikapdan perilaku lahiriah. Untuk itu, pendekatan teoreris dan metodologik 'mandala'menjadi strategi pilihan guna memetakan dan mendekonstruksi khasanah pendidikanseni.

Kata kunci: pendidikan seni, pendidikan nilai, pengembangan pribadi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.