Pengembangan Bahan Ajar Seni Rupa dalam Konteks Pengembangan Profesi Guru

Syafii Syafii

Abstract


Tuntutan guru yang profesional oleh masyarakat semakin mengemuka seiring peningkatan kesejahteraan dan penghargaan pemerintah melalui sertifikasi guru. Salah satu perwujudan kompetensi profesional guru adalah kemampuannya dalam mengembangkan bahan ajar sebagai perwujudan penguasaan bidang keilmuannya. Berbagai bentuk bahan ajar dapat dikembangkan oleh guru, salah satunya dalam bentuk tertulis. Beragam bahan ajar tertulis dapat dikembangkan oleh guru, termasuk guru seni rupa dalam kerangka pengembangan profesinya antara lain dalam bentuk buku pelajaran, diktat dan modul. Hal yang senantiasa perlu diingat oleh para guru ketika mengembangkan bahan ajar adalah kesesuaiannya dengan kurikulum yang berlaku. Dalam konteks pengembangan profesi guru, pengembangan bahan ajar dalam bentuk buku pelajaran, diktat maupun modul tingkat persebaran/publikasi dan pengakuan akan menentukan tingkatan penghargaan. Semakin luas dan tinggi lembaga yang memberikan pengakuan akan semakin besar penghargaan angka kredit yang diberikan.

Keywords


bahan ajar;seni rupa;pengembangan profesi;

Full Text:

PDF

References


Baharudin. 1986. Ikhtisar Sejarah Penemuan Kertas Seni Ilustrasi dan Tehnik Mencetak. Jakarta: Bahtera Jaya.

Kemendiknas RI. 2006. Pemendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Seni Budaya SMP. Jakarta: Kemendiknas.

Kemendiknas RI. 2010. Permendiknas Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Kemendiknas

Kemendiknas RI. 2013. Permendiknas Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah. Jakarta: Kemendiknas.

Kemen PAN & RB RI. 2009. Permen PAN & RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Kemen PAN & RB.

Sadiman, A.S., dkk. 1989. Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Mediyatama Sarana Perkasa.

Salam, S. 2001. Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. Makasar. Makasar : UNM.

Syafii. 2006. Konsep dan Model Pembelajaran Seni Rupa. Semarang: Jurusan Seni Rupa FBS UNNES.

Suciati dan Huda, N. 1999. Bahan Belajar Universitas Terbuka. Dalam Belawati, T., dkk (Eds.). Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka.

Undang-undang Guru dan Dosen. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.