PENDEKATAN TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN SENI GRAFIS CETAK TINGGI BAHAN ALAM: UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR

Riza Istanto

Abstract


Perkembangan ilmu, teknologi, dan komunikasi yang relatif cepat menyebabkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa di sekolah belum tentu mampu menjawab berbagai permasalahan yang timbul dalam kehidupannya mendatang. Kreativitas merupakan salah satu hal yang paling penting sebagai bekal untuk menghadapi hal tersebut, sehingga perlu adanya upaya untuk mengembangkan terutama dalam pembelajaran. Setiap anak pada dasarnya memiliki potensi kreatif dan potensi tersebut berbeda setiap anak. Sekolah dasar sebagai jenjang pendidikan pertama memiliki peranan penting dalam mengembangkannya. Guru sebagai salah satu pengajar harus mampu membawa peserta didik untuk mampu berfikir kreatif dalam rangka menghadapi tantangan mendatang. Pembelajaran seni grafis merupakan salah satu mata pelajaran yang sarat dengan kreasi. Sebagai salah satu mata pelajaran kreasi pembelajaran seni grafis dapat dikemas secara menyenangkan melalui pendekatan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dalam membangun potensi kreatifnya.

Keywords


pendekatan tematik;kreativitas;seni grafis;cetak tinggi;bahan alam;

Full Text:

PDF

References


Aprilia. 2010. Implementasi Pendekatan Tematik dalam Pengejaran Menggambar pada Anak Usia Dini. Dalam Imajinasi, jurnal Seni Volume 6. No. 1 Januari 2010. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Bastomi, S. 2014. Apresiasi Kreatif: Kumpulan Makalah Delapanpuluhan. Semarang: Unnes Press.

Bastomi, S. 2012. Estetika Kriya Kontemporer dan Kritiknya. Semarang:Unnes Pers.

Ismianto, PC. S. 2013. "Strategi Pembelajaran Seni Rupa". Bahan Ajar. Semarang: Jurusan Seni Rupa FBS UNNES.

Ismianto, PC. S. 2010. Implementasi Kreative Problem Solving dalam Pembelajaran Menggambar: Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Dalam Imajinasi, jurnal Seni Volume 6. No. 2 Januari 2010. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Indrawati dan Sohib, M. 2007. Model Pembelajaran Terpadu di SD. Bandung: PPPPTK IPA.

Lowenfeld, V dan Lambert, WB. 1982. Creative and Mental Growth. New York: Macmillan Publishing Company.

Munawaroh, I. 2010. Pembelajaran Tematik dan Aplikasinya di Sekolah Dasar. Makalah. Disampaikan dalam Diskusi Forum Ilmiah Guru SD. Universitas Negeri Yogyakarta.

OReilly, S. 1993. Art and Craft: Block Printing. New York: Thomson Learning.

Resmini. 2006. Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Tematik. Dalam http://sdnkajuanak1.blogspot.com/. Diakses pada 15 November 2014.

Rokhmat, N. 2012. "Seni Grafis". Bahan Ajar. Semarang: Jurusan Seni Rupa FBS UNNES.

Susanto, M. 2011. Diksi Rupa: Kumpulan Istilah dan Gerakan Seni Rupa.Yogyakarta: Dicti Art Lab.

Sumarjo, J. Filsafat Seni. Bandung: ITB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.