IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DAN KEJUJURAN PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA SEMARANG

Chomsatun Chomsatun(1),


(1) Madrasah Aliah Negeri 1 Semarang

Abstract

tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter (Kedisiplinan dan Kejujuran) di MAN 1 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik, instrument dimana peneliti berperan sebagai peneliti sendiri. Tehnik pengumpulan data dalam dokumentasi, wawancara dan observasi. Tahapan pra-lapangan, pekerjaan lapangan dan penyusunan laporan. Teknis analisis data dilakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahaan data melalui kredibility, transferability, dependability, dan konfirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama kemampuan sumber daya manusia dalam pemahaman Pendidikan Karakter di MAN 1 Kota Semarang sudah mendukung pelaksanaan KBM mengintegrasikan pendidikan karakter, tetapi sebagian guru dalam pelaksanaan KBM belum sesuai dengan RPP pendidikan karakter. Kedua organisasi pendidikan karakter di MAN 1 Kota Semarang telah dilaksanakan sesuai prosedur yang berlaku di buku panduan madrasah. Ketiga sarana dan prasarana MAN 1 Kota Semarang sudah tersedia dan mencukupi kebutuhan, Keempat pendidikan Karakter melalui pelaksanaan pembelajaran di MAN 1 Kota Semarang sudah terlaksana dengan adanya tata tertib madrasah yang dipatuhi seluruh warga madrasah. Kelima Pelaksanaan Pendidiian Karakter melalui kegiatan Ekstrakulikuler, Ko-kulikuler dan tata tertib sudah dilaksanakan dengan adanya kegitaan ekstrakuikuler yang memiliki karakter seperti PMR, Pramuka dan Paskibra.

 

Keywords

pendidikan; karakter;disiplin; jujur

Full Text:

PDF

References

Athiyah Moh , 2011 ― Dasar-dasar Pokok

Pendidikan Islam ― Jakarta : Bulan

Bintang, 1984. (hlm 104).

Baedhowi,

, Kebijakan

Otonomi

Daerah

Bidang

Pendidikan.

Semarang: Pelita Insani. 2009 (24,

.

Dunn, 2006

―Analisis Kebijakan Publik‖,

Yogyakarta:

Harindita,

,

(hlm 58).

E Mulyasa, 2006 ― Kurikulum Berbasis

Kompetensi (konsep, karakteristik

dan Implementasi ) ‖ Bandung :

Remaja

Rosdakarya,

(hlm

.

Kementerian

Agama Republik

Indonesia

Tahun

―

Wawasan

Pendidikan Karakter

dalam Islam―

Jakarta:

Tim

Direktorat

Pendididan Madrasah. (hlm 54).

Keputusan

Manteri

Agama

Republik

Indonesia Nomor 2011 tahun 2011

tentang ―Pedoman Pengembangan

Standar

Nasional

Pendidikan

Agama

Islam

pada

Sekolah‖.

( hlm 40).

Kusuma Doni, 2007 ―Pendidikan karakter

: Strategi mendidik anak di zaman

global‖ PT Gramedia Widiasarana

Indonsia,

Grasindo,

(hlm

-212).

Masnur Muslich, 2011 ― Pendidikan

karakter:

Menjawab

tantangan

krisis

multidimensional

―:

Bumi

Aksara, 2011. ( hlm 81).

Moleong, Lexy, 2007, ― Metode

Penelitian Kualitatif ‖ Cet 20

Bandung : PT Remaja Rosdakarya,

(hlm 98, 128, 164, 216,

.

Muhaimin, 2011 ― Upaya mengefektifkan Pendidikan Islam di Sekolah ― Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001. (hlm 164).

Rohani Ahmad, 2010 ― Pengelolaan Pengajaran ― Jakarta: Rineka Cipta, 2004. (hlm 134).

Sahlan Asmaun dan Prastyo Teguh, 2012

― Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter ―. Jogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz Media. (hlm 43).

Shochib Moh , 2000 ― Pola asuh Orangtua

dalam membantu anak mengembangkan disiplin diri ― Jakarta: Menara Mas Offset, 2000. (hlm 17) .

Sugiyono, 2010 ― Memahami Penelitian

Kualitatif ― Bandung: Penerbit

CV.Alfabeta, 2007. (hlm 62).

Suryosubroto.20 10, ― Manajemen

Pendidikan di Sekolah ―.

Jogyakarta: PT Rineka Cipta. (hlm 42-170).

Umary Barmawie, 2011 ― Materi Aklak ― Solo: CV Ramadhani, 199. (hlm 2).

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan penjelasnya, Yogyakarta, Media Wacana Press, 2003.

Winarmo Budi, 2006 ―Teori

Kebijaksanaan Publik‖,

Yogyakarta: Pusat Antar Universitas, Studi Sosial, UGM Yogyakarta, 1989, (hlm 3).

Yusuf Muhammad Al Hasan, 2010 ― Pendidikan anak dalam Islam‖ Jakarta: darul Haq, 2004. (hlm 52). Zubaedi, 2011 ―Desain Pendidikan

Karakter― Jakarta: Kencana Prenada Media Group ( hlm 15, 162, 185, 191, 263).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats