IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DAN KEJUJURAN PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA SEMARANG
(1) Madrasah Aliah Negeri 1 Semarang
Abstract
tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter (Kedisiplinan dan Kejujuran) di MAN 1 Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik, instrument dimana peneliti berperan sebagai peneliti sendiri. Tehnik pengumpulan data dalam dokumentasi, wawancara dan observasi. Tahapan pra-lapangan, pekerjaan lapangan dan penyusunan laporan. Teknis analisis data dilakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahaan data melalui kredibility, transferability, dependability, dan konfirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama kemampuan sumber daya manusia dalam pemahaman Pendidikan Karakter di MAN 1 Kota Semarang sudah mendukung pelaksanaan KBM mengintegrasikan pendidikan karakter, tetapi sebagian guru dalam pelaksanaan KBM belum sesuai dengan RPP pendidikan karakter. Kedua organisasi pendidikan karakter di MAN 1 Kota Semarang telah dilaksanakan sesuai prosedur yang berlaku di buku panduan madrasah. Ketiga sarana dan prasarana MAN 1 Kota Semarang sudah tersedia dan mencukupi kebutuhan, Keempat pendidikan Karakter melalui pelaksanaan pembelajaran di MAN 1 Kota Semarang sudah terlaksana dengan adanya tata tertib madrasah yang dipatuhi seluruh warga madrasah. Kelima Pelaksanaan Pendidiian Karakter melalui kegiatan Ekstrakulikuler, Ko-kulikuler dan tata tertib sudah dilaksanakan dengan adanya kegitaan ekstrakuikuler yang memiliki karakter seperti PMR, Pramuka dan Paskibra.
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Athiyah Moh , 2011 ― Dasar-dasar Pokok
Pendidikan Islam ― Jakarta : Bulan
Bintang, 1984. (hlm 104).
Baedhowi,
, Kebijakan
Otonomi
Daerah
Bidang
Pendidikan.
Semarang: Pelita Insani. 2009 (24,
.
Dunn, 2006
―Analisis Kebijakan Publik‖,
Yogyakarta:
Harindita,
,
(hlm 58).
E Mulyasa, 2006 ― Kurikulum Berbasis
Kompetensi (konsep, karakteristik
dan Implementasi ) ‖ Bandung :
Remaja
Rosdakarya,
(hlm
.
Kementerian
Agama Republik
Indonesia
Tahun
―
Wawasan
Pendidikan Karakter
dalam Islam―
Jakarta:
Tim
Direktorat
Pendididan Madrasah. (hlm 54).
Keputusan
Manteri
Agama
Republik
Indonesia Nomor 2011 tahun 2011
tentang ―Pedoman Pengembangan
Standar
Nasional
Pendidikan
Agama
Islam
pada
Sekolah‖.
( hlm 40).
Kusuma Doni, 2007 ―Pendidikan karakter
: Strategi mendidik anak di zaman
global‖ PT Gramedia Widiasarana
Indonsia,
Grasindo,
(hlm
-212).
Masnur Muslich, 2011 ― Pendidikan
karakter:
Menjawab
tantangan
krisis
multidimensional
―:
Bumi
Aksara, 2011. ( hlm 81).
Moleong, Lexy, 2007, ― Metode
Penelitian Kualitatif ‖ Cet 20
Bandung : PT Remaja Rosdakarya,
(hlm 98, 128, 164, 216,
.
Muhaimin, 2011 ― Upaya mengefektifkan Pendidikan Islam di Sekolah ― Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001. (hlm 164).
Rohani Ahmad, 2010 ― Pengelolaan Pengajaran ― Jakarta: Rineka Cipta, 2004. (hlm 134).
Sahlan Asmaun dan Prastyo Teguh, 2012
― Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter ―. Jogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz Media. (hlm 43).
Shochib Moh , 2000 ― Pola asuh Orangtua
dalam membantu anak mengembangkan disiplin diri ― Jakarta: Menara Mas Offset, 2000. (hlm 17) .
Sugiyono, 2010 ― Memahami Penelitian
Kualitatif ― Bandung: Penerbit
CV.Alfabeta, 2007. (hlm 62).
Suryosubroto.20 10, ― Manajemen
Pendidikan di Sekolah ―.
Jogyakarta: PT Rineka Cipta. (hlm 42-170).
Umary Barmawie, 2011 ― Materi Aklak ― Solo: CV Ramadhani, 199. (hlm 2).
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan penjelasnya, Yogyakarta, Media Wacana Press, 2003.
Winarmo Budi, 2006 ―Teori
Kebijaksanaan Publik‖,
Yogyakarta: Pusat Antar Universitas, Studi Sosial, UGM Yogyakarta, 1989, (hlm 3).
Yusuf Muhammad Al Hasan, 2010 ― Pendidikan anak dalam Islam‖ Jakarta: darul Haq, 2004. (hlm 52). Zubaedi, 2011 ―Desain Pendidikan
Karakter― Jakarta: Kencana Prenada Media Group ( hlm 15, 162, 185, 191, 263).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View Integralistik Stats