ANALISA PEMBELAJARAN PKN YANG BERWAWASAN GLOBAL MELALUI INTEGRASI E-LEARNING DENGAN KARAKTER “CKKIT” (CERDAS,KRITIS,KREATIF,INOVATIF, DAN TANGGUNG JAWAB)

Sri Anggraini kusuma Dewi

Abstract


Dilhat dari segi proses belajar maupun dari segi media pembelajaran, proses pembelajaran pada jaman sekarang sangatlah jauh berbeda dari jaman dahulu. Dan karena majunya teknologi di jaman sekarang tentunya banyak mempengaruhi peminat dalam proses belajar. Kemajuan Teknologi yang saat ini mulai berkembang dan telah diterapkan dalam proses belajar mengajar adalah E-Learning. Namun untuk saat ini proses pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan dengan menggunakan program ini masih belum menunjukan angka yang memuaskan. Pembelajaran yang di dapatkan dari program ini adalah adanya rasa keingintahuan yang bisa dibilang sangat tinggi dibandingkan dengan proses belajar mengajar kuno. Karena di dalam nya peserta akan bisa langsung berinteraksi dengan pembelajar secara timbal balik. Tujuan pembelajaran adalah untuk mendapatkan pengetahuan dengan cara yang berbeda dari cara pembelajaran kuno serta merangsang keingintahuan intelektual dan memotivasi peserta untuk mencari pengetahuan berwawasan global. E-Learning akan memberikan wawasan secara global kepada para peserta didik yang berhubungan dengan segala jenis macam pengetahuan. Dan pendidikan kewarganegaraan perlu dikembangkan dengan cara pendidikan global sehingga peserta didik akan jauh lebih memahami kehidupan bermasyaraka, dan perlunya pembelajaran di sekolah dengan E-Learning Knowledge Management, untuk membantu pendidikan karakter sejak dini.


Keywords


Pembelajaran; Wawasan Global; Integrasi E-learning; Knowledge Managemen; Karakter

References


Nasution, S. 1988. Metode PenelitianNaturalistik-Kualitatif. Bandung:

Tarsito

Tentang pendidikan global dikutip dari (―websitependidikan.com - pengertian-pendidikan-global-dan-ruang-lingkupnya‖)

Tentang kilas balik dunia pendidikan di Indonesia – dikutip dari (―prestasi-

iief.org -kilas-balik-dunia-pendidikan-di-indonesia‖)

Dikutip dari Kemendiknas. (2010). Desain

induk pendidikan karakter kementrian pendidikan nasional. Jakarta: Kemendiknas.

Terkutip dari spengetahuan.com - pengertian-pendidikan-menurut-para-ahli.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).Definisi dari pendidikan.

Sudrajat, Akhmad. 2010. ―Tentang pendidikan Karakter ‖(dalam http://akhmadsudrajat.wordpress.co m/2010/08/20/pendidikan-karakter-di smp ) diakses 18 Oktober 2010Berkowitz, M.W. (1997).

The compl ete moral person: Anatomy and formation‖ dalam J.M. Dubois, ed., MoralIssues in psychology: Personalist contributions to selectedproblems, 11-42. Lanham, Md.:University Press of America.

Badan Pertimbangan Pendidikan Nasional, 1995, Pendidikan Budi Pekerti:Upaya Mempertahankan danMengembangkan Jati Diri/Identitas Bangsa,Jakarta: BPPN.

Kohlberg, L. (1984). The psycology of moral development, essays on moral development, Vol. 2. New York: Harper and Row.




DOI: https://doi.org/10.15294/integralistik.v29i2.16700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Integralistik

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @ 2018 Universitas Negeri Semarang. All rights reserved.
View Integralistik Stats