EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN IM3 DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

J. Handhika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan media pembelajaran IM3 berbasis flash dan media MS. Power Point terhadap prestasi belajar IPA-Fisika. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan media IM3 berbasis flash memberikan rata-rata prestasi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan power point. Siswa dengan motivasi belajar tinggi menghasilkan rata-rata prestasi lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar rendah, serta terdapat interaksi motivasi belajar dengan media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPA-Fisika.

 

This study aims to determine differences in the use of flash-based IM3 learning media and MS media. Power Point to IPA-Physics learning achievement. Results showed that students who were taught using flash-based media IM3 gives an average performance better than students who were taught using the power point. Students with high motivation to learn the average yield better performance than students with low learning motivation, and there is interaction with the medium of learning motivation toward science learning achievement-Physics.

Keywords

IM3 Learning Media; Motivation to learn

Full Text:

PDF

References

Adegoke, A.B. 2010. Integrating Animations, Narratives, And Textual Information For Improving Physics Learning. Electronic Journal of Research in Educationak Pschology, 8(2), 725-748. (no 21). ISSN: 1696-2095

Salim, A., dkk. 2011. Pemanfaatan Media Pembelajaran (Macromedia Flash) dengan Pendekatan Kontruktivis dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Fisika pada Konsep Gaya. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan IPA. Fakultas MIPA, UNY.

Clark, R., Nguyen, F., and Sweller, J.2006. Efficiency in Learning. Evidence-based Guidelines to Manage Cognitive Load. Pfeiffer.

Kozma, R.B. 1991. Learning with Media. Review of Educational Research, 61(2), 179-212.

Prastomo, P. 2012. Pengaruh Media Pembelajaran dengan CD Interaktif terhadap Prestasi Belajar Fisika di tinjau dari Motivasi belajar siswa. (Tesis). Surakarta: Program Pascasarjana UNS.

Sardiman A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Sukirman. 2011. Peranan Bimbingan Guru dan Motivasi Belajar dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Metro Tahun 2010. GUIDENA, September Vol.1, No.1.

Tella A. 2007. The Impact of Motivation on Student’s Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics among Secondary School Students in Nigeria. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(2), 149-156.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.