PENERAPAN PENDEKATAN AESOP’S BERBANTUAN GUIDANCE WORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Sudarmin -, A. T. Prasetya, M. Pahlevi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan Aesop’s berbantuan Guidance Worksheet berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi pokok hidrokarbon dan setelah penerapannya menambah keefektifan belajar siswa di SMAN 11 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen nyata. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pendekatan Aesop’s berbantuan Guidance Worksheet berpengaruh terhadap hasil belajar kimia materi pokok hidrokarbon dan setelah penerapannya menambah keefektifan belajar siswa di SMAN 11 Semarang.

 

The aims research to determine the effect of Aesop's approach assisted Guidance Worksheet on student learning acievement and the effectiveness after learning to increase student understanding in SMAN 11 Semarang. This research used a true experimental design. Based on the research analysis can be concluded Aesop's approach assisted Guidance Worksheet effect on learning acievement hydrocarbon subject matter and the effectiveness after the application to increase student understanding at SMAN 11 Semarang.

Keywords

Aesop’s Approach; Guidance Worksheet; Students Achievement

Full Text:

PDF

References

Bradley, J. D., & E. Steenberg. 2006. Symbolic Language in Chemistry-a New Look at an Old Problem. Tesis. Pretoria: Universitas Afrika Selatan (UNISA).

Cahyono, E., S. Susilogati, & W. Sumarni. 2007. Pembelajaran Elektrokimia dalam Matakuliah Kimia Dasar 2 dengan Aktivitas Aesop’s Berorientasi Chemo-entrepreneurship (CEP). Semarang: Unnes.

Hake, R.R. 2002. Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High-school Physics, and Pretest Scores on Mathematics an Spatial Visualization. Makalah dipresentasikan pada Konferensi Penelitian Pendidikan Fisika. Boise, Idaho, Agustus 2002.

Kwartolo, Y. 2007. Mengimplementasikan KTSP dengan Pembelajaran Partisipatif dan Tematik Menuju Sukacita dalam Belajar (joy in learning). Jurnal Pendidikan Penabur. Vol 6(9): 66-80.

Morrison, JA, dan Estes, JC. 2007. Using Scientist and Real-World Scenario in Professional Development for Middle School Science Teacher. Journal of Science Teacher Education. 18 (2): 165-184.

Nurhasanah, N. 2009. Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa SD Laboratorium PGSD FIP UNJ. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol 8(12): 1-20.

Riyana, C. 2010. Media pembelajaran. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional ICT, Ikatan Guru Indonesia (IGI). Sukabumi, 13 Mei 2010.

Rusbult, C. 2000. Learning from Experience: Aesop’s Activities and Thinking Skills in the General Chemistry Laboratory. http://www.sit.wisc.edu. Diunduh tanggal 19 Maret 2011.

Santyasa, I. W. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Makalah dipresentasikan pada Workshop Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SMAN Banjarangkan. Klungkung, 10 Januari 2007.

Soedijarto. 2008. Tercapainya Tujuan Pendidikan Nasional sebagai Ukuran bagi Pendidikan yang Bermutu dan Implikasinya. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol 7(11): 37-41.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.

Wright, T. 2001. Karen in Motion the Role of Physical Enactment in Developing an Understanding of Distance, Time, and Speed. The Journal of Mathematical Behavior. 20 (2): 145-162.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.