PENGARUH PERMAINAN CALL CARDS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI

A. Machin

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh permainan call cards terhadap hasil belajar dan aktivitas pembelajaran. Aktivitas pembelajaran yang diukur meliputi aktivitas individual siswa dan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan call cards berkontribusi sebesar 46% terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang diberi media permainan call cards lebih baik daripada hasil belajar siswa yang tidak diberi mediapermainan call cards. Dengan demikian, media permainan call cards dapat menjadi alternatif dalam pencapaian hasil belajar biologi yang lebih baik.

 

Research purposes to determine the effect of call cards game against learning outcomes and learning activities. Learning activities that were measured included the activity of individual student and teacher performance. This research was experimental. The results showed that the media play call cards account for 46% of the student learning outcomes. Learning outcomes of students who were given media cards call the game better than the learning outcomes of students who were not given mediapermainan call cards. Thus, the media play call cards can be an alternative in achieving the learning outcomes of biology better.

Keywords

Card Call; Learning Result

Full Text:

PDF

References

Komariyah, Z dan Soeparno. 2010. Pengaruh Pemanfaatan Media Permainan Kartu Hitung terhadap Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran di SDN Jerawat I Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan. 10 (1): 63-73.

Madhakomala, R. 2008. Implementasi Pakem dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, XI (1): 63-82.

Mas’udi. 2011. Pembelajaran Pakem Bahasa Inggris dengan Aplikasi Strategi Dahlia. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan. 1 (1): 9-14.

Priatmoko, S. et al. 2008. Pengaruh Media Permainan Truth and Dare Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA dengan Visi Sets. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2 (1): 230-235.

Rahmatina. 2007. Penggunaan Permaianan dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. 16 (1): 77-90.

Rokhayati, A. 2010. Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Permainan Kartu Kalimat. Jurnal Saung Guru. 1 (2): 85-86.

Suherman, A. 2010. Model Pembelajaran Pakem dalam Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 11 (1): 131-141.

Susilana, R dan Cepi, R. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima

Sutjiono, T, W. 2005. Pendayagunaan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur. 4 (1): 76-84.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.