IMLEMENTASI SIMULASI PhET DAN KIT SEDERHANA UNTUK MENGAJARKAN KETERAMPILAN PSIKOMOTOR SISWA PADA POKOK BAHASAN ALAT OPTIK

S. Prihatiningtyas, T. Prastowo, B. Jatmiko

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menuntaskan hasil belajar psikomotor fisika siswa dengan penerapan simulasi PhET dan KIT sederhana pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik sesuai dengan RPP, hasil psikomotor kelas eksperimen 1 dengan menggunakan simulasi PhET dan kelas eksperimen 2 dengan menggunakan KIT sederhana dapat menuntaskan hasil belajar siswa, serta respon siswa terhadap pembelajaran positif. Berdasarkan hasil temuan di atas dapat disimpulkan bahwa implementasi simulasi PhET dan KIT sederhana untuk mengajarkan keterampilan psikomotor siswa pada pokok bahasan alat optik dapat menuntaskan hasil belajar psimotor siswa.

 


This study aims to resolve learning outcomes physics psychomotor of students with the application of PhET simulations and simple KIT on students. The results showed that implementation of learning  going well according to the lesson plan, student who are in the experimental class 1 using PhET simulation and the experimental class 2 using a simple KIT could complete the learning outcomes, and student respond to learning was positive. According to the finding above it could be conclude that the implementation PhET simulation and simple KIT to teach psychomotor skills of students on the subject of optical can to complete psychomotor learning outcomes of students.

Keywords

PhET simulations; simple KIT; optical instruments; psychomotor skills

Full Text:

PDF

References

Adiarta, A dan Rapi, N.K. 2004. “Implementasi strategi siklus belajar hipotesis-deduktif dengan peta konsep dalam pengubahan konseptual pada pembelajaran fisika”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, No. 3 TH. XXXVII Juli 2004.

Arikunto, S. 2001. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Finkelstein, N. 2006. “Hightech Tools For Teaching Physics:The Physics Education Technology Project”. Merlot journal of online learning and teaching. Vol. 2 (3): 110-121.

Lailiyah, E. 2009. Perbandingan efektivitas metode simulasi javascript terhadap demonstrasi dan ceramah dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk materi pemuaian dan wujud zat. Jurnal pembelajaran fisika sekolah menengah. Vol 1 (1): 9-13.

Malik, N. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran Interaktif Model Simulasi Mata Kuliah Rangkaian Listrik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FT-UNM. Jurnal MEDTEK. Vol 2 (1), April 2010.

Samsuri. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Media Simulasi PhET dan KIT Sederhana Pada Pembelajaran Fisika SMA Pokok Bahasan Listrik Dinamis. (Tesis). Surabaya: Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Sholikhakh. 2012. “ Pengembangan Perangkat Pembelajaran Beracuan Konstruktivisme Dalam Kemasan CD Interaktif Kelas VIII materi Geometri dan Pengukuran”. Unnes Journal Of Research Mathematics Education. Juni 2012. 13-19.

Soegino. 2004. Peningkatan Kualitas Sajian Pembelajaran Konsep IPA Di SLTP Melalui Component Display Theory (CDT) Dan Kooperatif. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 5 (1): 34–42.

Sugiono, N. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Multimedia PhET dan KIT Sederhana Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Alat-alat Optik. (Tesis). Surabaya: Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taufiq, M. 2008. Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Compact Disc Untuk Menampilkan Simulasi Dan Virtual Labs Besaran-Besaran Fisika. J. Pijar MIPA. Vol. 3 (3): 68–72.

Wahyudi dan Khanafiyah. 2009. Pemanfaatan Kit Optik Sebagai Wahana Dalam Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol 5: 113-118.

Widayanto. 2009. “Pengembangan keterampilan proses dan pemahaman siswa kelas X melalui KIT optik”. Jurnal pend. Fis. Ind. Vol 5 (1): 1–9.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.