PENGEMBANGAN LKS IPA TERPADU BERBASIS INKUIRI TEMA DARAH DI SMP N 2 TENGARAN

B. K. Putri, A. Widiyatmoko

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS IPA terpadu berbasis inkuiri tema darah. Penelitian dilakukan dengan mengunakan metode Research and Development (R&D). Hasil penilaian dari pakar terhadap produk yang telah dikembangkan memiliki persentase rata-rata 3,72 untuk pakar isi, 3,44 pakar penyajian, 3,79 pakar bahasa. Selain itu 100% siswa telah mencapai batas nilai KKM yang ditetapkan yaitu untuk ketuntasan individu ≥72 dan untuk keterampilan proses ilmiah siswa telah mencapai kategori baik. Produk yang telah dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA di sekolah.


This study aims to develop an integrated inquiry-based science worksheets blood theme. Research was conducted using the method of Research and Development (R & D). Results of the experts’ assessment who have developed products have an average percentage of 3.72 to content experts, presentation experts 3.44, 3.79 linguists. In addition 100% of students have reached the limit values specified passing grade is for completeness individuals ≥ 72 and for the scientific process skills students have achieved good category. The product that has been developed effectively used in science teaching in schools.

Keywords

Inquiry; Development of Integrated Science worksheet; Blood.

Full Text:

PDF

References

Budisetyawan, S. 2012. Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Tema Sistem Kehidupan dalam Tumbuhan Kelas VIII di SMP N 2 Playen. Jurnal Pendidikan IPA FMIPA UNY, 1 (4): 1-6.

Budijastuti, W. 2012. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbahasa Inggris dengan Pendekatan Keterampilan Proses pada Materi Sistem Pernapasan untuk Kelas XI SMA RSBI. Jurnal Pendidikan Biologi, 1 (1): 25-28.

Devi, P. K. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA Untuk Guru SMP. Bandung: PPPPTK IPA.

Karsli, F & Sahin, C. 2009. Developing Worksheet Based on Science Prosess Skills: Factors Affecting Solubility. Journal Asia-Pasific Forum on Science Learning and Teaching, 10 (1): 1-12.

Masithussyifa, R. K.; Ibrahim, M., & Ducha, N. 2012. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berorientasi Keterampilan Proses Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan. Jurnal Bioedu, 1 (1): 7-10.

Purnaningtyas, R. 2012. Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) dengan Tema “Asyiknya Berolah Raga dan Berkeringat†Guna Mengembangkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 1 Klaten. Jurnal Pendidikan IPA FMIPA UNY, 1 (1): 1-7.

Ramesh, M., & Patel, R.C. 2013. Critical Pedagogy for Constructing Knowledge and Process Skills in Science. Journal Educationia Confab, 2 (1): 98-105.

Salirawati, D. 2009. Pembelajaran Ipa Terpadu Untuk Mendukung Kreativitas Siswa. Seminar Prodi IPA dengan tema ‘’Pengembangan Kreativitas Siswa dalam pembelajaran Mata Pelajaran Rumpun IPA’’. Yogyakarta, FMIPA UNY.

Sudrajat, A. 2011. Pembelajaran inkuiri. Tersedia online di http://akhmadsudrajat.wordpress. com/2011/09/12/pembelajaran-inkuiri/ [diakses 19-12-2012].

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, S. 2012. Pengembangan LKS Pend. IPA Dengan Menerapkan Pendekatan Guided Inquiry Pada Tema Penjernihan Air Untuk SMP. Jurnal IPA FMIPA UNY, 1 (3):1-14 .

Refbacks

  • There are currently no refbacks.