PENERAPAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) DISCOVERY BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Isnaningsih -, D. S. Bimo

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan LKS discovery berorientasi keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa rata-rata ulangan harian sebelum tindakan 71,37 dengan ketuntasan belajar 43,59 % dan setelah tindakan hasil belajar siswa rata-rata ulangan harian 77,95, dengan ketuntasan belajar klasikal 71,79 %. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan penerapan LKS discovery berorientasi keterampilan proses sains dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa SMP.

 


Research aims to improve science learning outcomes through the implementation of discovery-oriented worksheets science process skills. Results showed student learning outcomes on average daily tests before action 71.37 with 43.59% mastery learning and action learning outcomes of students after the average daily test 77.95, with 71.79% completeness classical learning. Based on the obtained results it can be concluded that the application of discovery-oriented worksheets science process skills can improve student learning outcomes science of SMP.

Keywords

LKS discovery, Science Process Skills, Learning Outcomes.

Full Text:

PDF

References

Agustanti, T.H. 2012. Implementasi Metode inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1): 16-20.

Arsyad, A. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Erryanti, M.R dan Poedjiastoeti, S. 2013. Lembar Kerja Siswa (LKS) Berorientasi Keterampilan Proses Materi Zat Aditif Makanan untuk Siswa Tunarungu SMALB-B. UNESA Journal of Chemical Education, 2 (1): 51-58. Tersedia di http://ejournal.unesa.ac.id [diakses 4 April 2013].

Imamah, N. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (1): 32-36.

Masithussyifa, R.K., et al. 2012. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berorientasi Keterampilan Proses pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pendidikan Unesa IPA, 1 (1): 7-10. Tersedia di http://ejournal.unesa.ac.id [diakses 28 Januari 2013].

Maskanah, S. 2011. Peningkatan Kreatifitas dan Hasil Belajar IPS Ekonomi dengan Metode Observasi Teknik Berpikir Berpasangan bagi Siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kembang semester 2 Tahun 2010/2011. Jurnal Pendidik dan Tenaga Kependidikan Adi Cendikia, 4 (4): 11-17.

Maulidiyah, Khusna, et al. 2012. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbahasa Inggris dengan Pendekatan Keterampilan Proses pada Materi Sistem Pernapasan untuk Kelas XI SMA RSBI. Jurnal Pendidikan Unesa IPA, 1 (1): 25-28. Tersedia di http://ejournal. unesa.ac.id [diakses 28 Januari 2013].

Parmin. 2009. Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran IPA melalui Lesson Study. Jurnal Varia Pendidikan, 21 (1): 1-11.

Rasyid, R.M. 2008. Optimalisasi Peran Guru dalam Proses Transformasi Pembelajaran dengan menggunakan Media Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan, 11: 55-68.

Sekar, G A. 2011. Penggunaan LKS Discovery Pada Kegiatan Praktikum dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP. (Skripsi). Bandung: FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Tersedia di http://repository.upi.edu [diakses 25 Desember 2012].

Sopiah. 2009. Pembiasaan Bekerja Ilmiah pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 5: 20-27.

Subagyo ,Y, et al. 2009. Pembelajaran Sains dengan Keterampilan Proses untuk meningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5 (1): 60-66.

Sunarmi. 2013. Penggunaan Wallchart untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Peredaran Darah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2 (1): 32-39.

Suprayekti. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Gerak Benda dan Energi melalui Penerapan Metode Eksperimen dengan Pendekatan Discovery Learning bagi Siswa Kelas III SD Negeri Cabak Semester 2 Tahun 2010/2011. Majalah/Jurnal Pendidikan Bhakti Utama, 5 (1): 107-116.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.