PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS INTEGRASI ISLAM-SAINS UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA MI/SD KELAS 5 SEMESTER 2 MATERI POKOK BUMI DAN ALAM SEMESTA

F. Yuliawati, M. A. Rokhimawan,, J. Suprihatiningrum

Abstract

Tujuan penelitian untuk menghasilkan modul pembelajaran sains Madrasah Ibtidaiyah untuk peserta didik difabel netra berbasis integrasi Islam-sains yang memiliki karakter tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Modul pembelajaran yang telah dikembangkan mendapatkan penilaian baik menurut penilaian ahli media, pendidik SD dan SLB, dengan persentase keidealan 74,31%. Berdasarkan hal tersebut, modul Braille ini layak digunakan peserta didik sebagai media belajar mandiri dalam melaksanakan pembelajaran sains.

 

For research purposes is to produce science learning modules Madrasah Ibtidaiyah for learners with disabilities blind Islam-science-based integration with certain characteristics. This research is development research. Learning modules that have been developed to get good ratings according to media expert assessment, elementary and special educators, with a percentage of 74.31% ideals. Based on this, the Braille module learners fit for use as a medium of self study in implementing science lessons.

Keywords

learning module, Braille, science

Full Text:

PDF

References

Arsyad, A. 2011. Buah Cemara Integrasi dan Interkoneksitas Sains dan Ilmu Agama. Hunafa: Jurnal Studia Islamika. 8 (1): 1-25.

Drost, P. 2003. Pendidikan Sains yang humanistis. Yogyakarta: Kanisius.

Dwi, M. 2010. Pelaksanaan Pembelajaran Model Modifikasi Bahan Ajar Siswa Tunanetra Di SMP Negeri 4 Wonogiri. Tesis. Surakarta: Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hidayat, W. 2010. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah yang Terpadu. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 1 (1): 76-83.

Parmin. 2009. Aktivitas Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA melalui Lesson Study. Jurnal Varia Pendidikan, 21 (1): 1-11.

Redhana, I. W. 2003. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran kooperatif dengan Strategi Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3 (2): 20-32.

Rudiyati, S. 2012. Pembelajaran Membaca dan Menulis Braille. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Kebutuhan Khusus, 9 (1): 64-72.

Sheppard, K. 2006. “High School Students’ Understanding of Titrations and Related Acid-Base Phenomena”. Chem. Educ. Res.Pract, 7(1): 32-45.

Subagya. 2004. Adaptasi Wechsler Intelligence Scale For Children (WISC) Untuk Anak Tunanetra. Jurnal Penelitian Widya Tama. 2 (1): 32-44.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.