IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK, PENANAMAN KARAKTER DAN KONSERVASI PADA PEMBELAJARAN MATERI PERTUMBUHAN

A. Machin

Abstract

Implementasi kurikulum 2013 sangat menonjolkan pendekatan saintifik dengan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran materi pertumbuhan yang menerapkan pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi serta menjelaskan pengaruh pendekatan ini terhadap hasil belajar. Metode penelitiannya adalah pre-experimental design dengan desain penelitian one-shotcase study. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes tertulis. Penelitian ini menghasilkan RPP berbasis pendekatan saintifik dan penanaman karakter. Penerapan pendekatan ini berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik serta telah mencapai ketuntasan klasikal yang ditetapkan.

 


The implementation of 2013 curriculum highly recommends scientific approach in which learning is centered to student. The  research aims to develop a lesson plan in growth material to characterize a scientific learning, character building and concervation effort, as well as explaining the effect of this approach on learning outcomes. The design of research used pre-experimental design with one-shotcase study and the technique of collecting data used observation and written tests. This research resulted the lesson plan based scientific approaches and character building. The application of this approach gave positive influence to cognitive, affective and psychomotor and it had already achieved the classical mastery.

Keywords

Scientific Approach; Character Building; Concervation

Full Text:

PDF

References

Afrizon, A. et al. 2012. Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTsN Model Padang Pada Mata Pelajaran IPA-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 2 (1): 1-16.

Fauziah, R. et al. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Invotec, 9(2): 165-178.

Irwandi. 2012. Pengaruh Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Biologi melalui Strategi Inkuiri dan Masyarakat Belajar pada Siswa dengan Kemampuan Awal Berbeda terhadap Hasil Belajar kognitif di SMA Negeri Kota Bengkulu. Jurnal Kependidikan Triadik, 12(1): 33-41.

Kusumaningsih, D. 2013. Indonesian Text Role as Draft Science in Curriculum 2013: Assessment Introduction Text Structure Strategies In Indonesian Book. Asian Journal of Sciences and Humanities, 2 (4): 1-4.

Leksono, S.M. et al. 2013. Kemampuan Profesional Guru Biologi dalam Memahami dan Merancang Model Pembelajaran Konservasi Biodiversitas di SMA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 32 (3): 408-419.

Lepiyanto, A. 2011. Membangun Karakter Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bioedukasi, 2(1): 73-80.

Swarabama, I.G. et al. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyrakat Terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Program Pascasarja Undiksa, 3(1): 1-10.

Syafii, W. dan R. M. Yasin. 2013. Problem Solving Skills and Learning Achievements Through Problem Based Module in Teaching and Learning Biology in High School. Asian Social Science Journal, 9(12): 220-230.

Zuchdi, D. et al. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 29 (1): 1-12.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.