PENGEMBANGAN AUTENTIC ASSESMENT BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ILMIAH MAHASISWA

A. Wijayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem asesmen autentik pada mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPA SD untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah mahasiswa calon guru SD. Desain penelitian yang digunakan adalah R&D yang diarahkan untuk mengembangkan perangkat asesmen autentik berbasis proyek dengan pendekatan saitifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa autentic asessment berbasis proyek dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah dengan efektif. Setiap aspek keterampilan berpikir ilmiah mahasiswa mengalami peningkatan. Secara keseluruhan peningkatan (gain) keterampilan berpikir ilmiah sebesar 0,86 yang artinya peningkatannya dengan kriteria tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem asesmen autentik pada mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPA SD untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah mahasiswa calon guru SD. Desain penelitian yang digunakan adalah R&D yang diarahkan untuk mengembangkan perangkat asesmen autentik berbasis proyek dengan pendekatan saitifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa autentic asessment berbasis proyek dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah dengan efektif. Setiap aspek keterampilan berpikir ilmiah mahasiswa mengalami peningkatan. Secara keseluruhan peningkatan (gain) keterampilan berpikir ilmiah sebesar 0,86 yang artinya peningkatannya dengan kriteria tinggi.

Keywords

autentic assessment; scientific approach; scientific thinking; elementary teachers candidate.

Full Text:

PDF

References

Damanik, D.P. dan Bukit, N. 2013. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training (IT) dan Direct Instruction (DI). Jurnal Online Pendidikan Fisika. 2 (1): 16-25.

Hart, D. 1994. Authentic Assessment A handbook for Educators. California, New York: Addison Wesley Publishing Company.

Osborn, J. 2003. Attitude toward Science: A review to The Literature and its Implication. International Journal of Science Education. 25 (49): 1025-1049.

Pantiwati, Y. 2013. Hakekat Asesmen Autentik dan Penerapannya dalam Pembelajaran Biologi. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). 1 (1): 2337-2349.

Sadia, I.W. 2008. Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. (2): 219-237.

Scanleburry, K., Boone, W., Kahle, J.B., and Fraser, B.J. 2001. Design, Validation and use of an Evaluation Instrument for Monitoring Systematic Reform. Journal of Research in Science Teaching. 38 (6): 646-662.

Syahrul. 2009. Keefektifan Penerapan Model Asesmen Autentik Terintegrasi dalam Pembelajaran Praktikum pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT-Universitas Negeri Makassar. Jurnal MEDTEK. 1 (2): 56-62.

Taufiq, M. dan Wijayanti, A. 2014. Pembelajaran IPA di SD dengan Pendekatan Saintifik dalam Konteks dan Konten Kurikulum 2013. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional IPA V FMIPA UNNES. Semarang, 26 April 2014.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.