PEMBELAJARAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTUAN POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

R. Susanti

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pembelajaran model examples non examples dengan berbantuan powerpoint. Model pembelajaran examples non examples adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan gambar yang sesuai dengan kompetensi dasar. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat kenaikan rata-rata nilai dan prosentase ketuntasan belajar. Pada siklus 3 siswa yang tuntas 80,4 %, sesuai dengan ketercapaian indikator keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil yang telah dicapai maka dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan model examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar IPA.

The objective of the research is to increase the result of learning Science through learning model of examples non examples with power point. learning model of examples non examples is a learning model which uses pictures related to basic competence. The result of the research obtains the increase score and the percentage of learning exhaustiveness. On the third cycle, the student learning exhaustiveness obtains 80,4 %. It refers to the success indicator established. The conclusion is that through learning model of examples non examples can increase the result of Science learning.

Keywords

examples non examples; powerpoint; learning result

Full Text:

PDF

References

Angeline, N dan Utomo, P. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Power point dan Animasi Berbasis Macromedia Flash dengan Model Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Jurnal UNY, 1 (4). http:// Journal.Student.uny.ac.id/artikel. diunduh 15 Februari 2014.

Astuty, N. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples non Examples Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII. Jurnal Exacta, 10 (1).

Dwita, M.S. 2009. Pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Sukorejo Pasuruan. (Skripsi). Malang: Jurusan Biologi Fakultas MIPA UM. http : // Karya Ilmiah um. ac.id. diakses tanggal 18/11/2013.

Lagandja. 2008. Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Dengan menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples Di SMA N 3 Gorontalo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 5: 219-229.

Mahrani. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pembelajaran Powerpoint. Jurnal Untan, 3586-3600. jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/3586/3600. diunduh tanggal 8 Februari 2014.

Murtini, S. 2011. Ketrampilan Menyimak Cerpen Melalui Media Kaset Audio Pada Siswa Kelas IX D SMP Negeri 1 Tegal Tahun 2010/2011. Pedagogik Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah. 5 (1): 97-104.

Rahyu. 2011. Media Pembelajaran. http://skripsi-tesis-karya ilmiah.blogspot.com2011/04/media pembelajaran.html

Sadimin. 2011. Penggunaan Teknologi Tepat Guna Dalam Pembelajaran Gerak Melingkar Dengan metode Eksperimen Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada kelas XI.IPA 1 SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010. Pedagogik Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah. 5 (1): 85-96.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.