PENERAPAN CRITICAL REVIEW TERHADAP BUKU GURU IPA KURIKULUM 2013 UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN SAINTIFIK

M. Khusniati, S.D. Pamelasari

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun perangkat pembelajaran berpendekatan saintifik. Penelitian dirancang dengan metode penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat disimpulkan penerapan critical review terhadap buku guru IPA kurikulum 2013 dapat mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun perangkat pembelajaran berpendekatan saintifik.

The research to develop students ability to formulate scientific approach learning. The study was designed with the method to action research. Based on the results that have been obtained, can be concluded the application of the critical review of the 2013 book science teacher curriculum can develop students ability to formulate scientific approach learning.

Keywords

critical review; teacher books; science; curriculum 2013

Full Text:

PDF

References

Heron, S. 1997. Problem Associated with Concept Analysis. Journal of Science Education. 6 (2) 185-199.

Heriawan, I. 2009. Panduan Kajian Kritis Program Bermutu. Kemendiknas: P4TK IPA Bandung.

Kabba, E. 2009. Based Science Instruction: Teaching Science for Understanding. Journal of Research in Science Teaching. Vol. 39, No. 5, pp. (410-422).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum 2013. Sumber: http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud (diunduh, 12 Januari 2014).

Nugent, G. Kunz, G. Levy, R., and David H. 2008. The Impact of a Field-Based, Inquiry-Focused Model of Instruction on Preservice Teachers Science Learning and Attitudes. Electronic Journal of Science Education. Vol. 12, No. 2.

Rohaeni, N. dan Yoyoh, J. 2011. Mode Desain Kurikulum Pelatihan Profesi Guru Vokasional. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12 (2). Sumber: http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan (diunduh, 14 Mei 2013).

Suhartawan, B. 2004. Mengoptimalkan Pendekatan Keterampilan Proses IPA dalam Pembelajaran di Laboratorium. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 2 No. 2.

Sopiah. 2009. Pembiasaan Bekerja Ilmiah pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 5 (20-27).

Saito. 2010. Case Study of Indonesian Mathematics and Science Teacher. Journal of In-service Education. 32 (2): (171-184).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.