Perbedaan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match dengan Picture and Picture pada Siswa Kelas IV

Isna Nurrohima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar peserta didik kelasIV SD pada materiTematik Tema 6 SubTema 2 Pembelajaran Ke 1 semester II tahun pelajaran 2016/2017 menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dengan model pembelajaran picture and picture .Pada penelitian ini menggunakan quasi experimental designataupenelitian eksperimen semu. Bentuk dari quasi experimental design yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Dalam penelitian ini subjek penelitian menggunakan dua kelompok kelas yaitu sebagai kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Pada kelompok eksperimen yaitu SD N Tukang 02 yang berjumlah 23 peserta didik menggunakan model pembelajaran cooperatif learning tipe make a match, sedangkan kelompok kontrol yaitu SDN Kadirejo 03 yang berjumlah 19 peserta didik menggunakan model pembelajaran cooperatif learning tipe picture and picture.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamodel pembelajaran cooperative learning tipe make a match dengan model pembelajaran picture and picturedapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa yang terlihatpadaperbedaanhasilbelajarpada pretestdanposttest. Berdasarkan pengujian uji-t pada hasil posttest kelompok eksperimen dan posttestkelompok kontrol, diperoleh hasil t adalah -2,377 dengan signifikansi 0,022 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima.. Selain itu dengan melihat analisis deskriptif nilai rata-rata kedua kelompok yang memiliki selisih 8,53, di mana kelompok kontrol (SD Negeri Kadirejo 03 yang pengajarannya menggunakan model picture and picture) nilai rata-ratanya adalah 75,26 jauh lebih tinggi dari kelompok eksperimen (SD Negeri Tukang 02 yang pengajarannya menggunakan model make a match) yang hanya memiliki nilai rata-rata sebesar 66,73. Ini berarti penerapan metode pembelajaran cooperative learning tipe picture and picture memiliki perbedaan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan menggunakan cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar Tematik.

Keywords

Mode lCooperative Learning; Make a match; Picture and Picture; hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Adesta, M. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Kauman Lor 03 Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Semester Genap Tahun 2011/2012. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Harmadi, H. & Muhlisrarini. 2010. Metode dan Model dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kurniawati. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri 1 Banjardowo Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011. Salatiga: Univesitas Kristen Satya Wacana.

Nahartyo, Ertambang. 2013. Desain Dan Implementasi Riset Eksperimen. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Naniek, Sulistyawardani. Dkk. 2012. Asesmen Pembelajaran. Salatiga: Widya Sari Press.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Mentri Pendidikan Nasional

Riantika, Fetty. 2016. Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SDN 2 Metro Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Yogyakarta: Univesitas Negeri Yogyakarta

Risal, Muhammad. 2011. Kelebihan dan Kelemahan Model Pembelajaran Kooperatif. www.artikelbagus.com (4 Mei 2016)

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala. 2010. Pembelajaran Yang Menyenaangkan Di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sekolah Dasar. Net. 2011. Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. www.sekolahdasar.net>home> Tematik SD (15 April 2016)

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sih Santo. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa kelas IV SD N 2 Banjarnegara Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Slameto. 2015. Metodologi Penelitian & Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Slavin, E. Robert. 2015. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.Taniredja, Tukiran. Dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Taniredja, Tukiran. Dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenadamedia Group.


View Counter: Abstract - 632 and PDF - 444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.