Out Class Learning dengan Media Realia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Plantae Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Demak

Muslikah Muslikah

Abstract

Dilatar belakangi oleh sebagian besar siswa yang merasa mengalami kesulitan memahami materi plantae, ditunjukkan dari hasil tes awal baru 20 siswa dari 42 siswa yang berhasil mencapai batas ketuntasan minimal. Hasil pengamatan, banyak siswa yang tidak memberikan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran. Berdasar hal tersebut maka dilaksanakanlah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan outclass learning dengan media realia dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi plantae dengan pelaksanaan outclass learning dengan media realia. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan, angket respon siswa dan wawancara untuk data kualitatif sedang data kuantitatif didapat dari hasil evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran di luar kelas atau outclass learning dengan media realia terbukti sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar materi plantae pada siswa kelas X IPA6 SMA Negeri 2 Demak tahun pelajaran 2016/2017 semester 2. Pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 32 siswa, pada siklus II sebanyak 40 siswa dan pada siklus III sebanyak 41 siswa. Respon siswa juga sangat positif, hal itu bisa dilihat dari hasil pengamatan dan wawancara dimana sebagian siswa sudah terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.

Keywords

Outclass learning; media realia; hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Edgar Dale. 2006. Cone of Learning. Tersedia di: TehnologiPendidikan.wordpress.com. Diakses tanggal 21 Maret 2010.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: DIVA Press.

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif menyenangkan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Muslich, masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Silberman, M., 2006, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Nusamedia, Bandung.

Surtikanthi & Sri Hartini. 2009. Media Pembelajaran dan Evaluasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Usaman, U. 2004. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Zaini, H., Munthe, B., dan Aryani, S.A., 2005, Strategi Pembelajaran Aktif, Nuansa Aksara Grafika, Yogyakarta.


View Counter: Abstract - 205 and PDF - 235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.