Penerapan Model Guided Discovery Learning Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018

Supliyadi Supliyadi, Muhammad Irham Baedhoni, Wiyanto Wiyanto

Abstract

Penelitian ini bertolak dari adanya masalah yang muncul pada pembelajaran fisika kelas XI SMA yaitu guru fisika yang tidak memahami karakter siswa sehingga menyulitkan dalam proses transfer pengetahuan mengakibatkan hasil belajar rendah. Maka guru perlu memunculkan karakter siswa yang membudaya dan melibatkan laboratorium seperti halnya cara belajar seorang ilmuan. Model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah model guided discovery learning berorientasi pendidikan karakter. Rumusan masalah penelitian ini adalah: “apakah model guided discovery learning berorientasi pendidikan karakter dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif dan psikomotorik serta perkembangan karakter siswa pada materi pokok fluida statis dengan penerapan model guided discovery learning berorientasi pendidikan karakter pada siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Semarang dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 14 orang lakilaki dan 26 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model guided discovery learning berorientasi pendidikan karakter mengalami peningkatan hasil belajar siswa. Untuk hasil belajar kognitif dengan nilai rata-rata dari siklus 1 sebesar 79 ke siklus 2 sebesar 85 dengan analisis uji gain diperoleh peningkatan sebesar 0,28 kreteria rendah. Untuk hasil observasi psikomotorik dengan nilai rata-rata dari siklus 1 sebesar 69 ke siklus 2 sebesar 80 dengan analisis uji gain diperoleh peningkatan sebesar 0,55 kreteria sedang. Untuk hasil observasi karakter siswa nilai rata-rata dari siklus 1 sebesar 60 ke siklus 2 sebesar 80 dengan analisis uji gain diperoleh peningkatan sebesar 0,50 kreteria sedang. Terbukti dari hasil belajar siswa yang telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model guided discovery learning berorientasi pendidikan karakter dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Semarang. Disarankan bagi guru untuk menggunakan model guided discovery learning berorientasi pendidikan karakter dalam pembelajaran fisika.

 

Keywords

Guided Discovery Learning; pendidikan karakter; hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Amri, Sofan, dkk. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran.

Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

---------------.2011. Pendidikan Tindakan Kelas Untuk Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas. Yogyakarta : Aditya Media.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Das Salirawati. (2012). Percaya Diri, Keingintahuan, dan Berjiwa Wirausaha: Tiga Karakter Penting Bagi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, (Nomor II tahun 2). Hlm 218-219. Tersedia di http://journal.uny.ac.id/ index.php/jpka/article/download/1305/1086. Di unduh tanggal 10 Juni 2017.

Dimyati & Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

E. Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan.Bandung: Remaja Rosda Karya

---------------.2002. Kurikulum Berbasasis Kompetensi (Konsep, Kerakteristik, Implementasi).Bandung: Remaja Rosdakarya

Hamalik, Oemar.2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

-----------------.2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hosnan. 2014. Pendekatan Scientific dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia. Bogor.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Kesuma, Dharma, Dkk. 2012. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardha Shinta, Lufri, Abdul Razak. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Guided Discovery Pada Materi Jaringan Hewan Untuk SMA/MA. Jurnal Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, Vol. 1 No.1: 47-56. Tersedia di http://ejournal.unp.ac.id/index.php/kolaboratif/article/viewFile/ 4924/3877. Di unduh tanggal 10 Juni 2017.

Mydha Tri Puspitasari, Sigit Santoso, Binti Muchsini. 2015. Upaya Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Metode Snowball Throwing Pada Siswa SMK Muhammadiyah 3 Gemolong. Tersedia di http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tataarta/article/viewFile/6309/4337.Jurnal “Tata Arta” UNS, Vol. 1, No. 1, hlm. 31-39. Di unduh tanggal 10 Juni 2017.

Noor, Rohinah M. 2011. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Putri, Labitta Hareka. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Dicovery Learning Berbantu LKS Berpendekatan Scientific Materi Perpindahan Kalor Untuk Mengembangkan Karakter Siswa SMA. Skripsi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Rifai, A. & Catharina T. A. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT MKK Saptono. 2011. Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter Wawasan, Strategi, dan

Langkah Praktis. Salatiga: Erlangga

Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta: Erlangga.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sjarkawi. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara

Soka Hadiati & Adi Pramuda. 2016. Pembelajaran Fisika Berorientasi Pendidikan Karakter Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, Vol. 1 No.1: 28-30. Tersedia di http://e-journal.unipma.ac.id/ index.php/JEMS/article/viewFile/774/707. Di unduh tanggal 10 Juni 2017.

Sudjana, N. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset

Suhana, Cucu. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran Edisi Revisi. Bandung: PT Refika Aditama.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : PT Rineka Cipta Unnes.

Wahyuni, Sri, dkk. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiyanto. 2008. Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. Semarang: Unnes Press.

Zuchdi, Darmiyati. 2011. Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Zuriah, Nurul. 2011. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Prespektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.


View Counter: Abstract - 1844 and PDF - 8072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.