Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA

Maliasih Maliasih, Hartono Hartono, Nurani P

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses dan hasil implementasi metode pembelajaran Teams Games Tournament dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Action Research Classrom). Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model spiral Kemmis-Mc. Taggart (1988). Model tersebut membagi satu siklus prosedur penelitian tindakan kelas menjadi empat tahap yaitu tahap rencana (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan releksi (reflection) (Trianto, 2011: 13). Subjek penelitian ini siswa kelas X IPA 4 SMA N 13 Kota Semarang sebanyak 34 peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data nilai ulangan harian terjadi peningkatan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Implementasi metode pembelajaran Teams Games Tournaments dengan strategi Peta konsep efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik.

Keywords

Peningkatan motivasi, model pembelajaran Teams Games Tournaments, peta konsep

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Foster, Bob. 2011. Terpadu Fisika SMA Jilid 1 A. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kanginan, Marthen. 2007. Fisika untuk Kelas X Semester 1. Jakarta: Erlangga.

Mundjiono, Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

McWey, Lenore M, Henderson, T.L., dan Piercy, F.P. 2006. Cooperative Learning Through Collaborative Faculty-Student Research Teams. Jurnal Subject Sociology, Education. 55/2: 252-262.

Purwanto, Budi. 2014. Fisika 1A untuk Kelas X SMA dan MA. Salatiga : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wilujeng, Sri. 2012. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas IV Materi Bangun Ruang melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di SDN Muarareja 02 Tegal. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Unnes.


View Counter: Abstract - 186 and PDF - 276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.