Pengembangan Laboratorium Media Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Sekolah

Isnarto Isnarto, Abdurrahman Abdurrahman, Sugianto Sugianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan ketersediaan, dan kebutuhan media pembelajaran di sekolah dasar Kota Semarang. Hal yang diungkap meliputi (1) gambaran tentang ketersediaan media pembelajaran di sekolah dasar, (2) gambaran tentang aktivitas guru dalam pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran, dan (3) gambaran tentang media yang dibutuhkan oleh guru untuk membantu pembelajaran yang dilakukan. Desain penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, diarahkan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan fakta-fakta yang terjadi di sekolah dasar terkait dengan media pembelajaran. Penelitian dibatasi pada tiga mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) yaitu Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan media pembelajaran di mayoritas sekolah belum mencukupi untuk membantu guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Faktor yang menjadi penyebab kurangnya ketersediaan media pembelajaran antara lain (1) sedikitnya bantuan pemerintah (instansi terkait) berupa pengadaan media pembelajaran, (2) rendahnya pengalokasian anggaran untuk pengembangan media pembelajaran, (3) rendahnya kreativitas guru untuk memproduksi media pembelajaran, (4) kurangnya ketersediaan waktu bagi guru untuk dapat mengembangkan media pembelajaran. Sebagian besar, aktivitas guru terkait pemanfaatan dan pengembangan media masuk dalam kategori rendah. Sebesar 79,63% guru, dalam satu semester kurang dari 10 kali memanfaatkan media dalam pembelajaran yang dilakukan. Guru lebih membutuhkan peningkatan kompetensi pengembangan media berbantuan komputer. Dari lima opsi yang ditawarkan, yakni (1) media bentuk fisik, (2) media bentuk cetak, (3) media bentuk audio, (4) media audio visual, dan (5) media berbantuan TIK, mayoritas guru (86%) memilih pendampingan pengembangan media berbasis komputer. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai landasan diperlukannya (1) pendampingan pengembangan media pembelajaran kepada guru, dan (2) penelitian tentang pengembangan dan uji efektivitas media pembelajaran matematika di sekolah.

Keywords

Media pembelajaran, ketersediaan, kebutuhan

Full Text:

PDF

References

Azhar, A. (2005). Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan, cetakan ke-7. Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti

Hasbullah. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo

Prastiti, T. & Irawan, P. (2005). Media Sederhana. Ditjen Dikti. Depdiknas

Russefendi, E.T. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito

Sadiman, A.S. (2005). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press

Sudjana & Rivai (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:Alfabeta.

Tejo, N. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Vol 8, No 1 (2011) ISSN: 1829-8028


View Counter: Abstract - 166 and PDF - 376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.