Pemanfaatan Softfile Bahan Ajar Bermuatan Kearifan Lokal Pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi Selama PJJ
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prestasi belajar peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 2 Selomerto tahun pelajaran 2019/2020 setelah memanfaatkan bahan ajar bermuatan kearifan lokal pada materi getaran, gelombang dan bunyi melalui kelas online; 2) mengetahui karakter cinta tanah air peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 2 Selomerto tahun pelajaran 2019/2020 setelah memanfaatkan bahan ajar bermuatan kearifan lokal pada materi getaran, gelombang dan bunyi melalui kelas online. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas VIIIB dengan jumlah peserta 32 peserta didik yang terdiri dari 18 laki-laki dan 14 perempuan pada semester II tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah discovery learning pada kelas online. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data meliputi analisis tes prestasi belajar dan analisis karakter cinta tanah air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) setelah menggunakan bahan ajar bermuatan kearifan lokal pada materi getaran, gelombang dan bunyi melalui kelas online diperoleh bahwa nilai rata-rata sebesar 76,72 dan ketuntasan klasikal sebesar 78,13%. (2) setelah menggunakan bahan ajar bermuatan kearifan lokal pada materi getaran, gelombang dan bunyi melalui kelas online diperoleh bahwa skor karakter cinta tanah air 81,67 dalam kategori baik. Penelitian ini dikatakan berhasil berdasarkan indikator keberhasilan penelitian.
This study aims to: 1) determine the learning achievement of class VIIIB students of SMP Negeri 2 Selomerto in the 2019/2020 academic year after utilizing teaching materials containing local wisdom on vibrations, waves and sound through online classes; 2) knowing the character of love for the country of class VIIIB students of SMP Negeri 2 Selomerto for the 2019/2020 academic year after using teaching materials containing local wisdom on vibration, waves and sound through online classes. This research was conducted on class VIIIB students with a total of 32 students consisting of 18 boys and 14 girls in the second semester of the 2019/2020 school year. The method used in this research is discovery learning in online classes. Data collection techniques were using test and non-test techniques. The data analysis technique includes the analysis of the learning achievement test and the analysis of the character of the love of the country. The results showed that (1) after using teaching materials with local wisdom on vibrations, waves and sound through online classes it was found that the average value was 76.72 and classical completeness was 78.13%. (2) After using teaching materials with local wisdom on vibrations, waves and sound through online classes, it is found that the love character for the country score is 81.67 in the good category. This research is said to be successful based on the indicators of research success.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arbi, B. (2017). Bundengan : Between Aesthetics Expressivism, Social of Reality, and Performance Studies. Chatarsis: Journal of Arts Education UNNES, 6(2), 131-138
Cahyaningrum, N., Sukestiyarno, Y. L., (2016) Pembelajaran REACT Berbantuan Modul Etnomatematika Mengembangkan Karakter Cinta Budaya Lokal dan Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education Research. 5(1): 50-59.
Cheawjindakarn, B., Suwannatthachote, P., dan Theeraroungchaisri, A. Critical Success Factors for Online Distance Leaning In Higher Education: A Review of the Literature. Creative Education. 2012: 3(supplement): 61-66
Hamdu, G., Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81-86.
Huang, R. H., Liu, D. J., Tlili, A., Yang, J. F., & Wang, H. H. Handbook on facilitating flexible learning during educational disruption: The Chinese experience in maintaining undisrupted learning in COVID-19 Outbreak. Smart Learning Institute of Beijing Normal University: UNESCO. 2020: 1–54
Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran.. 1(2): 107-115
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA
Sudarmin (2015). Pendidikan karakter, Etnosains dan kearifan Lokal. Semarang: UNNES Press.
Sundari (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi Bermuatan Kearifan Lokal. Tesis. Program Studi Pendidikan IPA. Universitas Negeri Semarang
Sundari. S., Rusilowati, A., Marwoto, P. (2019) The Development of Science Learning Material with Local Wisdom Content to Train Students’ Critical Thinking. ISET 2019. Proceedins of 5th International Conference on Science, Education and Technology. 757 – 762.
Wagiran (2017). Pengembangan Karakter Bermuatan Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana (Identifikasi Nilai-Nilai Karakter Bermuatan Budaya). Jurnal Pendidikan karakter. 11(3): 329-339.
View Counter: Abstract - 497 and PDF - 446
Refbacks
- There are currently no refbacks.