Peningkatan Keprofesionalan Guru Matematika Selama Pandemi Melalui Pelatihan dan Pembinaan Guru

Egitia Fitri Rerendo, Gita Dwi Pangesti, Nizzah Aulia Ahsanah Mukarromah, Valenzia Putri, Zulkardi Zulkardi, Novita Sari

Abstract

Pendidikan di Indonesia pada masa pandemi dilaksanakan secara berani. Guru dituntut untuk dapat tetap memberikan pembelajaran yang mampu diterima siswa dengan mudah dan nyaman. Guru dituntut untuk dapat membuktikan profesional dengan segala masalah belajar selama berani ini. Guru yang profesional merupakan salah satu dari faktor penentu dari sebuah percaya diri dalam proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan langsung di kelas. Dalam meningkatkan mutu dan keprofesionalan kemampuan pemahaman guru mengenai pembelajaran matematika sangat dibutuhkan sebuah pelatihan, pembinaan, atau pendampingan. Metode penelitian ini adalah studi literatur dengan tujuan siaga dan membandingkan pelatihan dan pembinaan guru di masa pandemi dan sebelum pandemi covid-19.Hasil penelitian ini menunjukkan pelatihan dan pembinaan guru matematikaonline terhadap keprofesionalan guru memberikan manfaat bagi guru matematika sesuai kebutuhan guru. Pandemi tidak berkembang menjadi pengahalang untuk dapat mengembangkan keprofesionalan guru.

 

Education in Indonesia during the pandemic was carried out online. Teachers are required to be able to continue to provide learning that can be accepted by students easily and comfortably. Teachers are required to be able to be professional with all these learning problems online. A professional teacher is one of the determinants of a success in the teaching and learning process which is carried out directly in the classroom. In improving the quality and professionalism of teachers' understanding of mathematics learning, training, coaching, or assistance is needed. This research method is a literature study with the aim of knowing and comparing teacher training and coaching during the pandemic and before the Covid-19 pandemic. The results of this study indicate training and online math teacher coaching towards teacher professionalism provides benefits for math teachers according to teacher needs. Pandemic is not a deterrent to be able to develop teacher professionalism.


Keywords

pandemic; mathematics teacher professionalism; coaching and training

Full Text:

PDF

References

Ardhana, W., Kaluge, L., & Purwanto. (2004). Pembelajaran inovatif untuk pemahaman dalam belajar matematika dan sains di SD, SLTP, dan di SMU. Laporan penelitian. Penelitian Hibah Pasca Angkatan I tahun II. Direktoral Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. Ditjen Dikti. Depdiknas.

Creswell J.W. (2010). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 3th, terjemahan Achmad Fawaid, Yogyakarta.

Dewi, T.A. (2017). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sma Se-Kota Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 24-35.

Hikmah, N., Baidowi, B., Sridana, S., & Amrullah, A. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1(1).

M. Ridlo Y; Tasari , Septiana W. , I Wayan Angga W. K. , Doni S. , Syams K. H. (2021). Pelatihan Membuat Video Pembelajaran Interaktif dan Konstruktif untuk Guru Matematika SMP, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.32938/bc.v4vi1i.914

Nurhana, R. (2020). DIY SPIRIT Dalam Program Pengembangan Profesionalisme Guru Bahasa Inggris SMK Pada Masa Pandemi COVID-19. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) (Vol. 3, No. 1, pp. 1123-1128).

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278-285.

Pengelola web kemdikbud. (2020). Luncurkan Program Guru Belajar, Kemendikbud Bantu Guru Laksanakan Pembelajaran Jarak Jauh https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/09/luncurkan-program-guru-belajar-kemendikbud-bantu-guru-laksanakan-pembelajaran-jarak-jauh (diakses pada tanggal 11 April 2021)

Rachmadi, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Pelatihan Di SMA N 1 Karangrayung. Jurnal Profesi Keguruan, 3(1), 1-15.

Roy A, Idam R. W. A., Dwi Y. S. (2020). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam melaksanakan Pembelajaran Digital melalui Workshop Terintegrasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2). https://doi.org/10.20961/jpd.v8i2.44346

Samo, D. D., Dominikus, W. S., Kerans, D. S., & Rusik, R. M. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Matematika Se-Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(3).

Setiawan, Y. E., & Syaifuddin. (2020). Peningkatan Kompetensi Profesionalitas Guru Melalui Pelatihan Desain Pembelajran Peta Konsep. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 26(3).

Suhery; Putra, T.J.; & Jasmalinda. (2020). Sosialisasi Penggunaan Apliksai Zoom Meeting dan Google Classroom pada Guru SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3).

Wahdah, A. H. (2017). Metode Bermain Peran dengan Menggunakan Lesson Study (Guru Mitra) Sebagai Model Pembelajaran Matematika Kelas XII IPA2 SMA Negeri 1 Guntur Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Profesi Keguruan, 3(1), 25-34.

Wulandari, M. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika SMP. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2).

West, L. dan Staub, F. C. (2003). Content-Focused Coaching. Heinemann. University of Pittsburgh.


View Counter: Abstract - 632 and PDF - 728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.