Pengaruh Kepribadian dan Perilaku Etis Guru pada Integritas Guru SMPT Riyadul Mubarok Dalam Mengajar

Niken Fatimatu Azzahra, Septi Gumiandari

Abstract

Pendidik yang berintegritas merupakan prasyarat bagi seorang guru yang profesional. Kepribadian dan perilaku etis guru akan sangat  berdampak pada siswanya. Oleh karena itu, seorang guru haruslah orang yang dapat digugu, ditiru dan dapat dijadikan teladan dalam hal kepribadian, ilmu dan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Kepribadian dan Perilaku Etis Guru pada Integritas Guru SMPT Riyadul Mubarok dalam Mengajar. Data diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada 20 siswa SMPT Riyadul Mubarok. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data yang diperoleh dari kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru SMPT Riyadul Mubarok telah memberikan contoh yang baik dalam hal integritas guru-siswa dalam mengajar di sekolah, kemampuannya dalam proses pembelajaran, dan telah mempengaruhi kepribadian dan perilaku moral siswanya. Perilaku etis guru tampak pada kebiasaan guru dalam mengucapkan salam atau menyapa ketika masuk dan keluar kelas, Mengajar yang sesuai dengan jadwal mengajarnya, hadir di kelas, memberi tugas saat ia berhalangan masuk kelas, memberi semangat, menggunakan kata-kata yang baik dan sopan, memperhatikan kerapian kelas sebelum memulai pembelajaran, membimbing siswa yang mengalami kesulitan, memberi sanksi pada siswa yang tidak mengerjakan tugas, tidak pilih kasih, selalu bersikap adil kepada semua siswanya, tidak meninggalkan kelas sebelum jadwal sekolah berakhir.

Educators with integrity are a prerequisite for a professional teacher. The personality and ethical behavior of teachers will greatly impact their students. Therefore, a teacher must be a person who can be nurtured, imitated and can be used as an example in terms of personality, knowledge and morals. This study aims to examine the Influence of Personality and Ethical Behavior of Teachers on Teacher Integrity of SMPT Riyadul Mubarok in Teaching. Data were obtained from questionnaires distributed to 20 students of SMPT Riyadul Mubarok. This type of research is descriptive qualitative analysis using data sources obtained from questionnaires. The results of this study indicate that the teacher of SMPT Riyadul Mubarok has set a good example in terms of teacher-student integrity in teaching at school, his ability in the learning process, and has influenced the personality and moral behavior of his students. The teacher's ethical behavior can be seen in the teacher's habit of greeting or greeting when entering and leaving class, teaching according to his teaching schedule, attending class, giving assignments when he is unable to enter class, encouraging, using kind and polite words, paying attention neatness of the class before starting learning, guiding students who have difficulty, giving sanctions to students who do not do assignments, not favoritism, always being fair to all students, not leaving the class before the school schedule ends.

Keywords

Kepribadian; Perilaku etis; Integritas

Full Text:

PDF

References

Alim, A. N. (2017). Pengaruh Penghayatan Etika Profesi terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Efektivitas Program Pembelajaran. Khazanah Akademia, 01(01), 59–70.

Arifin, M. Z. (2021). Etika Komunikasi Guru Terhadap Siswa Di Sekolah Perspektif Al-Qur’an. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan, 4(1), 34–52.

Asikin, I. (2015). Konsep Pendidikan Perspektif Ibnu Jama’Ah (Telaah Terhadap Etika Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar). Jurnal Edukasi Islam, 04, 1175–1183.

Astuti, P. (2012). Etika Profesi Sebagai Upaya Preventif Untuk Meminimalisasi Pelanggaran Hukum Yang Dilakukan Oleh Guru. Arena Hukum, 5(3), 182–190.

Bertens, K. (2004). K. Bertens, Etika (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2004, cet. ke-8), 4. 69. 1.

Iswantir M. (2018). Integritas Pendidik Profesional Dalam Melaksanakan Tugas Dan Tanggung Jawabannya Prespektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 3041–3043.

Mulyasana, D. (2019). Konsep Etika Belajar dalam Pemikiran Pendidikan Islam Klasik. Tajdid, 26(1), 100. https://doi.org/10.36667/tajdid.v26i1.319

Rahman, S. (2018). Etika Berkomunikasi Guru dan Peserta Didik Menurut Ajaran Agama Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’, 3(1), 53–67.

https://doi.org/10.30984/jii.v3i1.549

Ruslan. (2016). Etika Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Al-Riwayah, 8(1), 59–72.

Sarjana, S., & Khayati, N. (2016). The Effect of Ethic, Behaviour, and Personality on Theacher’s Integrity. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 379–393.

Syahbudin, R. (2020). Etika Profesi dan Kepribadian Guru Madrasah. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(2), 1–10.

Tanyid, M. (2014). Etika dalam Pendidikan: Kajian Etis tentang Krisis Moral Berdampak Pada Pendidikan. Jurnal Jaffray, 12(2), 235. https://doi.org/10.25278/jj71.v12i2.13

Wandi, Z. N., & Nurhafizah, N. (2019). Etika Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini Di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 33–41.

Wijayani, D. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Etika Profesi Guru terhadap Kompetensi Profesional Guru untuk Mewujudkan Mutu Pembelajaran. Khazanah Akademia, 1(1), 9–21.


View Counter: Abstract - 1273 and PDF - 4318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.