Penerapan PjBL (Project Based Learning) Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19

Shima Elya Fahadah, Nurika Nurika, Firya Lutfiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19 dengan penerapan PjBL (Project based Learning) melalui pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana terdapat empat kali pertemuan pada tiap siklusnya. Setiap siklus terdiri tahapa perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 MA Darul Hikmah dengan jumlah 40 siswa. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa melalui observasi, tes evaluasi, dan kajian dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai KKM (tuntas) dari pra tindakan sampai siklus II. Ketuntasan belajar pra tindakan sebesar 40%, siklus I 70%, dan siklus II 87,5%. Selaian itu juga didukung dengan peningkatan hasil belajar psikomotorik dan nilai sikap siswa. Penelitian tindakan kelas dengan model PjBL ini dapat dikatakan berhasil dan efektif diterapkan pada pembelajaran daring di masa pandemic covid-19 karena dapat mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu lebih dari 75% nilai siswa mencapai KKM.

This study aims to improve student learning outcomes during the Covid-19 pandemic by implementing PjBL (Project based Learning) through distance learning. This research is a type of classroom action research (PTK) with a model developed by Kemmis and Mc. Taggart. This study consisted of two cycles where there were four meetings in each cycle. Each cycle consists of stages of planning, acting, observing, and reflecting. The subjects of this study were students of class X IPA 1 MA Darul Hikmah with a total of 40 students. Sources of data were obtained from teachers and students through observation, evaluation tests, and document review. Data analysis techniques used were qualitative descriptive analysis. The results showed an increase in student learning outcomes as indicated by the increase in the number of students who reached the KKM (complete) from pre-action to cycle II. Post-action learning completeness by 40%, 70% first cycle, and 87.5% second cycle. In addition, it is also supported by an increase in psychomotor learning outcomes and student attitude values. Classroom action research with the PjBL model can be said to be successful and effective in applying distance learning during the Covid-19 pandemic because it can achieve predetermined success indicators, namely more than 75% of student scores reaching KKM.

Keywords

PjBL; Project based learning; Penelitian tindakan kelas; hasil belajar; Pembelajaran jarak jauh

Full Text:

PDF

References

Anis, Y. D. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Pjbl Dengan Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa. 1(2), 1–12.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415

Daheri, M., Juliana, Deriwanto, & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Handarini, O. I. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8503

Handayani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 3(3), 36–40. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2726

Harman, G., Cokelez, A., Dal, B., & Alper, U. (2016). Pre-service Science Teachers’ Views on Laboratory Applications in Science Education: The Effect of a Two-semester Course. Universal Journal of Educational Research, 4(1), 12–25. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040103

I Ketut Ngurah Ardiawan, I. G. T. H. (2020). Pentingnya Komunikasi Guru Dan Orang Tua Serta Strategi Pmp Dalam Mendukung Pembelajaran Daring. Danapato: Jurnal Komunikasi, 1(1).

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21. https://doi.org/10.17977/um052v7i1p9-21

Kemendikbud. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Jakarta : Kemendikbud

Khoiri, N., Marinia, A., & Kurniawan, W. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap Kemampuan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 142–146. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1309

Ledward, B. C., & Hirata, D. (2011). An Overview of 21st Century Skills. Summary of 21st Century Skills for Students and Teachers, by Pacific Policy Research Center, Honolulu: Kamehameha Schools-Research & Evaluation.

Lee, S. W. Y., Lai, Y. C., Yu, H. T. A., & Lin, Y. T. K. (2012). Impact of biology laboratory courses on students’ science performance and views about laboratory courses in general: Innovative measurements and analyses. Journal of Biological Education, 46(3), 173–179. https://doi.org/10.1080/00219266.2011.634017

Maula, M. M., Prihatin, J., & Fikri, K. (2014). Pengaruh Model PjBL (Project-Based Learning) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 1(2), 1–6.

Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS)

Milman, N. B. (2015). Distance Education. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition (Second Edition, Vol. 6). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08- 097086-8.92001-4

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education, 14(2), 129–135. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Sajed, A. N., & Amgain, K. (2020). Corona Virus Disease (COVID-19) Outbreak and the Strategy for Prevention. Europasian Journal of Medical Sciences, 2(1), 1–3.

https://doi.org/10.46405/ejms.v2i1.38

Saputra, Y. E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Perekayasaan Sistem Kontrol Siswa Kelas Xii Ei 3 Smk N 3 Wonosari The Application Of Project Based Learning (Pjbl) Model To Imrove Learning Activenes. Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika, 1–6.

Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260

Sinaga, L., Rusdiana, K., Harahap, P., Sihaloho, C. A. P. Y., & Bukhari, I. (2020). Analisis Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Materi Ipa Selama Pandemi Covid-19 Di Kota Medan. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia (JPPIPAI).

Sucipto, H. (2017). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 1(1), 77.

https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v1i1.10

Sumarni, W., Wardani, S., Sudarmin, S., & Gupitasari, D. N. (2016). Project based learning (PBL) to improve psychomotoric skills: A classroom action research. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 157–163.

https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.4402

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54.

https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Susriyati Mahanal, Ericka Darmawan, A.D. Corebima, S. Z. (2010). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi),1(1).

https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v1i1.179

Warsito, Ika Maryani, P. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Aktivitas. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Universitas Ahmad Dahlan, 1–9.

http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21187%0A

Wijanarko, A. G., Supardi, K. I., & Marwoto, P. (2017). Keefektifan Model Project Based Learning Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA. Journal of Primary Education, 6(2), 120–12


View Counter: Abstract - 3494 and PDF - 3117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.