Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Minat Siswa pada Materi Tranformasi

Rodhi Rodhi

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyebab rendahnya kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari minat siswa terhadap matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 9 yang dipilih, menghasilkan dua siswa untuk setiap kategori minat rendah, sedang dan tinggi. Variabel independen dari penelitian ini adalah minat siswa terhadap matematika, dan variabel dependen adalah kemampuan literasi matematik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumen, kuesioner, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab rendahnya kemampuan literasi matematik ada pada siswa dengan minat rendah dan sedang. Untuk siswa dengan minat tinggi, kemampuan literasi matematik bekerja dengan baik; untuk siswa dengan minat rendah dan sedang diperlukan bantuan guru untuk meningkatkan kemampuan literasi matematikanya. 

This study aims to describe the causes of the low mathematical literacy skills of students in terms of students' interest in mathematics. This research is qualitative research. The research subjects were selected 9th grade students, resulting in two students for each category of low, medium and high interest. The independent variable of this research is students' interest in mathematics, and the dependent variable is mathematical literacy ability. Data collection is done by observation, interviews, documents, questionnaires, and tests. Data analysis used descriptive analysis. The results showed that the cause of the low mathematical literacy ability was in students with low and medium interest. For students with high interest, mathematical literacy skills work well; for students with low and moderate interest, teacher assistance is needed to improve their mathematical literacy skills.

 

Keywords

Kemampuan literasi matematika; minat

Full Text:

PDF

References

Ahmad, A. dan Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiono, C.S. & Wardono. (2014). PBM Berorientasi PISA Berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3), 210-219.

Flora, S. & Roida, E. (2015). Metode Pembelajaran Inquiry dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kreativitas Belajar. Jurnal Formatif 2(2), 122-131.

Hastuti, E. W., & Murtiyasa. (2016). Pengaruh Strategi React dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Makalah. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajaran, KNPMP I, 551–561

Khairani, M. (2017). Psikologi belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Murdaningsih, S., & Murtiyasa, B. (2016). An Analysis on Eight Grade Mathematics Textbook of New Indonesian Curriculum (K-13) Based on Pisa’s Framework. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(1), 14 – 27

OECD. (2016). PISA 2015 Results (volume I): excellence and equity in education. Paris: OECD Publishing

Kiptiyah, S. M., Masrukan, Putra, N. M. D. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Problem Based Learning Ethnomathematics Berdasarkan Minat Belajar. Journal of Primary Education, 5(2), 104–112.

https://doi.org/10.15294/jpe.v5i2.12900.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sriyanto, H. J. (2017). Mengobarkan api matematika: Membelajarkan matematika yang kreatif dan mencerdaskan. Sukabumi: Jejak Publisher.

Wardono & Mariani, S. (2014). The Realistic Learning Model With Character Education And PISA Assessment To Improve Mathematics. International Journal of Education and Research, 2(7), 361–372.

Wardono & Kurniasih, A. W. (2015). “Peningkatan Literasi Matematika Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inovatif Realistik E-Learning Edmodo Bermuatan Karakter Cerdas Kreatif Mandiri”. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 93-100.

https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4978.

Widyastuti; Wijaya, A.P., Rumite, W., and Marpaung, R.R.T. (2018). Minat Siswa Terhadap Matematika Dan Hubungannya Dengan Metode Pembelajaran dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika 13(1), 83–100.

https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6750.83-100.

Willis, S. S. (2015). Berbagai masalah yang dihadapi siswa & solusinya. Bandung: Alfabeta.


View Counter: Abstract - 1773 and PDF - 1439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.