Pengaruh Keterampilan Esensial Guru Pemula di SMK pada Era Digital

Syamsul Munawar, Diki Purbasari, Reza Gunawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh teknologi terhadap kemampuan esensial yang dimiliki oleh seorang guru pemula di SMK pada era digital. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur yaitu penulis berusaha untuk menggali studi literatur tambahan yang ada untuk mendukung kepentingan penulis dengan menggunakan berbagai media informasi yang ada untuk mencari dan menemukan literatur-literatur yang berkaitan dan relevan dengan pokok pembahasan yang dikaji. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya perubahan yaitu bahwa penerapan teknologi pendidikan di era digital membawa dampak yang besar terhadap peran guru di masa kini. Dampak yang dirasakan ditandai dengan terjadinya perubahan keterampilan guru pemula di SMK pada masa teknologi digital dimulai dari perubahan peran sebagai pemimpin belajar dalam kelas, memfasilitasi, moderator, memotivasi dalam semangat belajar, evaluator, tutor, inovator, dan sebagainya. Dengan demikian, era digital memberi dampak positif terhadap perubahan keterampilan esensal guru pemula di SMK.

This study aims to look at the effect of technology on the essential skills possessed by a novice teacher at Vocational Schools in the digital era. The research method used is literature study, in which the author tries to explore additional existing literature studies to support the author's interests by using various existing information media to search for and find literature that is related and relevant to the subject under study. The results of this study indicate that there has been a change, namely that the application of educational technology in the digital era has had a major impact on the role of the teacher today. The impact felt was marked by changes in the skills of novice teachers in VHSs during the digital technology era starting from changing roles as learning leaders in class, facilitating, moderating, motivating in the spirit of learning, evaluators, tutors, innovators, and so on. Thus, the digital era has a positive impact on changes in the essential skills of novice teachers in VHSs.

Keywords

Guru Pemula; teknologi; peserta didik; Esensial; Era Digital

Full Text:

PDF

References

Afif, N. (1970). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28

Anggraeni, A. A. F., & Rachmajanti, S. (2021). The Needs of Continuous Professional Development Perceived by Novice and Experienced Teachers. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(11), 1664. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i11.14190

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095.

Gusmaneli, G. (2012). Dampak Teknologi Pendidikan Terhadap Peranan Guru Di Masa Depan. Al-Ta lim Journal, 19(2), 166–172. https://doi.org/10.15548/jt.v19i2.18

Irwanto. (2019). Kompetensi Guru Vokasional SMK di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 182–204.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.

Latif, A. (2020). Tantangan Guru dan Masalah Sosial Di Era Digital. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3).

https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1294.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.

Maknun, D., Surtikanti, R. R. H. K., Munandar, A., & Subahar, T. S. (2012). Laboratorium Mahapeserta didik Calon Guru Biologi Dalam. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 141–148.

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Megahantara, G. S. (2017). Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan di Abad 21. Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, 4(1), 88–100.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Tarihoran, E. (2019). Guru dalam pengajaran abad 21. Jurnal Kateketik dan Pastoral, 4(1), 46–58. blob:http://e-journal.stp-ipi.ac.id/393f7271-9934-4891-ab16-b6f5cf42a9a7.

Tridiana, R., & Rizal, F. (2020). Keterampilan Guru Abad 21 Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 221–231.

Ulfah, N. (2018). Pengembangan Kompetensi Profesional Calon Guru PKn MI: Pemahaman tentang Paradigma Baru PKn. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 3(1), 49–64.

https://doi.org/10.21154/ibriez.v3i1.44

Watoni, M. S., & Qusyairi, L. A. H. (2021). Pengaruh Keterampilan Mengajar dan Kedisiplinan Guru dalam Proses Belajar Mengajar. As-Sabiqun, 3(1), 113–126.

https://doi.org/10.36088/assabiqun.v3i1.1328


View Counter: Abstract - 145 and PDF - 410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.