Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Paru-Paru Menggunakan Metode Forward Chaining

Esti Rahmawati, Hari Wibawanto

Abstract


Kesehatan merupakan hal terpenting bagi manusia. Namun, sebagian besar masyarakat seringkali menyepelekan penyakit batuk yang dapat menjadi suatu gejala dari penyakit paru-paru. Beberapa kondisi batuk merupakan gejala dari penyakit paru-paru yang harus segera mendapatkan penanganan dari dokter. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem pakar yang menggunakan metode forward chaining agar dapat menghasilkan keputusan diagnosis awal sesuai dengan diagnosis dokter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah implementasi metode forward chaining ke dalam sistem pakar diagnosis penyakit paru-paru, serta untuk mengetahui efektivitas penggunaannya. Sistem pakar ini dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan SQL. Pengujian terhadap sistem pakar dilakukan dengan Blackbox testing, uji validitas sistem, uji pakar, dan uji pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah implementasi metode forward chaining ke dalam sistem pakar diagnosis penyakit paru-paru, serta untuk mengetahui efektivitas penggunaannya. Sistem pakar ini dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan mySQL. Pengujian terhadap sistem pakar dilakukan dengan Blackbox testing, uji validitas sistem, uji pakar, dan uji pengguna. Hasil uji Blackbox dapat disimpulkan bahwa sistem pakar dapat berfungsi dengan baik. Hasil pengujian validitas system, diperoleh nilai probabilitas keakuratan sistem sebesar 84,21% dan ketidakakuratan sistem sebesar 15,79% sehingga sistem pakar ini dapat dinyatakan sudah berjalan baik. Uji pakar dilakukan oleh 2 dokter dan dapat dikatakan data yang digunakan sudah sesuai.

Full Text:

PDF

References


KlikPDPI. 2016. Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Cabang Jawa Timur. http://klikpdpi.com/modules.php?name=Content&pa=showpage&pid=61. 29 September 2016 (19.04).

Sharma, Tilotma, Navneet Tiwan, dan Deepali Kelkar. 2012. Study of Difference Between Forward and Backward Reasoning. International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering. Volume 2.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Hayadi, Herawan. 2016. Sistem Pakar. Yogyakarta: deepublish.

Hariadi, Slamet, M. Jusuf Wibisono, dan Winariani. 2010. Buku Ajar Penyakit Paru 2010. Surabaya: Departemen Ilmu Penyakit Paru FK UNAIR – RSUD Dr. Soetomo.




DOI: https://doi.org/10.15294/jte.v8i2.7436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.