PERAN GANDA PEREMPUAN PEMETIK TEH

Yunita Kusumawati(1),


(1) Jl Raya Banyuputih Limpung, Batang, Jawa Tengah, Indonesia, 58820

Abstract

Tingkat sosial ekonomi keluarga yang rendah membuat perempuan memiliki peran ganda. Terbatasnya lapangan kerja di pedesaan, ketrampilan yang terbatas dan pendidikan yang rendah menjadikan pemetik teh sebagai pilihan pekerjaan para perempuan. Penelitian ini bertujuan menggambarkan bagaimana pembagian waktu perempuan pemetik teh sebagai efek dari beban ganda dan bagaimana kondisi sosial ekonominya. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Lokasi penelitian ini adalah di desa Keteleng, Batang yang berlokasi di dekat perkebunan teh PT Pagilaran dimana  banyak perempuan desa ini yang menjadi pemetik teh. Metode observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan dalam pengambilan data. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan analisis data dilakukan dengan analisis interpretatif. Penelitian ini menjelaskan bahwa perempuan dengan peran ganda, memiliki waktu domestik dan waktu publik yang berdampak dalam kehidupannya. Hal ini berpengaruh pada kondisi sosial, dimana perempuan pemetik teh tetap memiliki interaksi sosial yang baik dengan keluarga, bahkan memperluas pergaulan dengan masyarakat. Dari segi ekonomi, profesi sebagai perempuan pemetik teh tidak menaikkan kesejahteraan secara signifikan karena rendahnya upah yang diterima. Namun dengan kemandirian ekonominya, perempuan ini memiliki peran yang aktif dalam pengambilan keputusan di keluarga. Tuntutan sosial ekonomi yang dibebankan kepada perempuan ini juga mendorong masyarakat untuk tidak bertindak diskriminatif.


Levels of low socioeconomic families lead women to have double roles. Limited employment opportunities in rural areas, limited skills and low education make tea picking as the most possible work for women. The objective of this study is to describe the time division of women tea pickers and their social and economic conditions. The study used a qualitative approach and specifically phenomenology. The study site is in the village Keteleng, Batang, located near the tea plantation PT Pagilaran where many women of this village became tea pickers. Observation, interviews, and documentation were used in data collection. The validity of data is done by triangulation of data sources and analysis was conducted by interpretative analysis. This study explains that women has multiple roles in domestic and public, and this has impact in their life. The tea pickers women still have good social interactions with family, and even expanding relationships with the community. In terms of economics, the profession as a tea picker does not significantly raise the women’s welfare because of low wages they receive. But with economic independence that they gain as tea leaves pickers, these women have an active role in decision-making in the family. This socio-economic demands shouldered upon these women also reduce levels of discrimination.

Keywords

Dual role; Women tea picker

Full Text:

PDF

References

Asriwandari, H. & Indrikawati, Y.E. 2009. Peran Perempuan Bekerja Dalam Keluarga. Jurnal Industri Dan Perkotaan. 13 (33): 20-45.

Khotimah, K. 2009. Diskriminasi Gender Terhadap Perempuan Dalam Sektor Pekerjaan. Yinyang : Jurnal Gender Dan Anak. 4 (1): 158-180.

Hatta, M. 1985. Pengantar Ke Jalan Ekonomi Sosiologi. Jakarta : PT Indayu Press Jakarta.

Mukmin, H. 1980 Beberapa Aspek Perjuangan Wanita di Indonesia Jakarta : Bina Cipta

Rosadi, I. 2010. Konsekuensi Migrasi Internasional terhadap Relasi Gender (Studi tentang Buruh Migran Internasional yang Telah Pulang Kembali Kepada Keluarganya di Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat). Jakarta: Program Studi Sosiologi FISIP-UI.

Sanderson, S.K. 2003. Makro Sosiologi : Sebuah Pendekatan Terhadap Realitas Sosial : Edisi Kedua. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Saptari, R. & Holzner, B. 1997. Perempuan Kerja Dan Perubahan Sosial : Sebuah Pengantar Studi Perempuan Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.

Siregar, M. 2007. Keterlibatan Ibu Bekerja Dalam Perkembangan Pendidikan Anak. Jurnal Harmoni Sosial. 2 (1): 60-80.

Soputan, G.J. 2007. Aspirasi Perempuan Bekerja: Hubungan Kekuasaan Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Sektor Informal. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen. 8 (1): 85-100.

Sosan, I. Peran Ganda Ibu Rumah Tangga yang Bekerja sebagai Tukang Amplas Kerajinan Ukir Kayu. Jurnal Komunitas. 2 (2): 30-39.

Sunarjati, A. 2007. Pemiskinan Terhadap Buruh Perempuan, Jurnal Perempuan. 56.

Supartiningsih. 2003. Peran Ganda Perempuan, Sebuah Analisis Filosofis Kritis. Jurnal Filsafat. 33 (1): 95-115.

Widanti, A. 2005. Hukum Berkeadilan Jender. Jakarta : Kompas

Wilson, S.J. 1991. Women, Families, and Work. Canada: McGraw-Hills Ryerson.

Yuliati, YMS & Poernomo, M. 2003. Sosiologi Pedesaan. Yogyakarta : Lappera Pustaka Utama.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.