Model Pengembangan Wisata Alam Gunung Telomoyo oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kedu Utara

Nanang Indardi(1), Sahri Sahri(2),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) 

Abstract

 


ABSTRAK Abstrak Gunung Telomoyo merupakan salah satu kekayaan alam yang ada di Kabupaten Magelang dan menjadi destinasi wisata yang belum tergarap secara maksimal. Akses jalan menuju puncak sudah ada, tetapi kondisinya kurang begitu baik. Kondisi inilah yang menyebabkan antusias wisatawan menjadi menurun, padahal potensi alam sekitarnya sangat indah. Penelitian yang dilakukan untuk mengkaji pengembangan wisata alam gunung Telomoyo oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kedu Utara di Kabupaten Magelang. Penelitian ini untuk memudahkan pemetaan tempat garapan wisata sesuai dengan karakteristik dan potensi alam yang ada. Sehingga secara umum aktivitas wisata alam dapat berkembang dan lebih spesifiknya untuk olahraga rekreasi. Pengkajian model pengembangan wisata alam ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar tanpa merusak lingkungan. Dampak positif lain yang diharapkan berupa pengembangan  pengetahuan dan managemen wisata alam yang lebih terorganisir dengan baik, serta kecerdasan emosional dalam mengelola karunia Tuhan. Penelitian bersifat eksploratif dan dilaksanakan dalam 3 tahap dengan meliputi observasi, mapping, tata kelola. Observasi dilakukan dengan menggunakan pengamatan langsung di lapangan dengan menggunakan media (gambar, rekaman audio/visual) serta didampingi ahli dan dilakukan berulangkali dengan melibatkan LMDH. Mapping/pemetaan tempat dilakukan dengan memperhatikan potensi alam yang mendukung (kontur tanah, sumber air, luasan lahan, dan lain-lain). Sedang tata kelola diperlukan untuk memastikan kelangsungan managemen wisata alam secara komprehensif dalam jangka waktu yang relatif lama.

 

Kata kunci: pengembangan, wisata alam Telomoyo

Keywords

pengembangan, wisata alam Telomoyo

Full Text:

XML

References

DAFTAR PUSTAKA

Achmad Syakirul Alim. 2016. Keanekaragaman Lumut Epifit di Gunung Telomoyo, Kabupaten Magelang Sebagai Biosorbent Limbah Cair Industri Kerajinan Perak di Kotagede, Yogyakarta. Skripsi. Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta.

Awang, San Afri et al. Panduan Pemberdayaan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Montpellier, France: French Agricultural Research Centre for International Development (CIRAD), Bogor, Indonesia: Center for International Forestry Research (CIFOR), dan Yogyakarta, Indonesia: PKHR Fakultas Kehutanan UGM. 2008.

Damardjati R.S, 2001. Istilah-istilah Dunia Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita

Davis, L.S. and K.N. Johnsen. 1987. Forest Management. 3rdEd. McGraw Hill, New York.

Elida Septiana Putriutami, Udi Harmoko, dan Sugeng Widada. 2014. Interpretasi Lapisan Bawah Permukaan Di Area Panas Bumi Gunung Telomoyo, Kabupaten Semarang Menggunakan Metode Geolistrik Resistivity Konfigurasi Schlumberger. Youngster Physics Journal. Vol. 3, No. 2, April 2014, Hal 97-106.

H. Kodhyat, 1983. Kamus Pariwisata dan Perhotelan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

http://infopendaki.com/gunung-telomoyo/; (diakses Senin, 29 Januari 2018; jam 12:10)

Kabupaten Magelang. 2016. Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)

Oka A. Yoeti, 1997. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita

Oka A.Yoeti, 2010. Dasar-dasar Pengertian Hopitaliti dan Pariwisata. Bandung

Pendit, Nyoman S., 1994. Ilmu Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita

Samsuridjal D dan Kaelany HD., 1997. Peluang di Bidang Pariwisata. Cetakan Kedua. Jakarta: Penerbit PT Mutiara Sumber Widya

Spillane, J James, 1987. Ekonomi Pariwisata, Sejarah, dan Prospeknya. Jakarta: Kanisius

Suwantoro Gamal, 1997. Dasar-Dasar Pariwisata. Andi Publishing

Undang-undang No 10. 2009: pasal 1. Tentang Kepariwisataan. Bandung: Penerbit Citra Umbara

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:
Department of Sport Science, Universitas Negeri Semarang
Gd. F1 Lt. 1 FIK-UNNES, Jalan Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229, Telp/Fax: (024) 8508007

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.