PENGOLAHAN DAN PEMASARAN ANEKA KACANG DI KOTA SEMARANG

Samsudin Anis, Rosidah Rosidah

Abstract

Di antara berbagai jenis makanan ringan, olahan kacang merupakan makanan ringan yang sangat populer bagi segala lapisan masyarakat. Mengingat peluang bisnis aneka snack bahan kacang ini, munculah banyak pelaku usaha yang menekuninya. Dalam kegiatan ini dipilih dua Mita IbM yang menghadapi permasalahan terkait aspek produksi dan manajemen usaha. Tim pelaksana kegiatan ini melibatkan dosen, teknisi, dan mahasiswa dengan bidang keahlian yang sesuai dengan kebutuhan lapangan. Dalam pelaksanaan kegiatan diterapkan beberapa metode yang saling mendukung, antara lain dengan ceramah/penyuluhan untuk materi yang bersifat teori dan motivasi, demonstrasi untuk menyampaikan materi praktik/keterampilan, praktik langsung oleh mitra dan pendampingan kegiatan. Berdasarkan hasil dan luaran yang dicapai, program IbM ini telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan target yang telah ditentukan, antara lain: 1) Dapur produksi telah ditata dan dipasang keramik sehingga kelihatan bersih dan tidak becek lagi, 2) Telah dibuatkan dudukan kompor dan wajan sehingga lebih ergonomis, pengoperasian lebih mudah, 3) Telah diberikan bantuan mesin spinner (peniris minyak) sehingga kadar minyak dalam kacang gorengberkurang dan hal ini lebih menyehatkan, 4) Telah dibuatkan rak tempat meletakkan bahan baku maupun hasl produksi, 5) Telah dilakukan pelatihan manajemen usaha dan pemasaran melalui media internet dan media sosial, 6) Telah dilakukan pendampingan promosi dan pemasaran melalui berbagai acara pameran produk UKM (di Java Mall Semarang, dan diJateng Fair), 7) Telah dilakukan uji proksimat untuk mengetahui kadar gizi produk kacang goreng.

Keywords

pengolahan, pemasaran, aneka kacang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.