Dinamika Industri dan Inovasi Produk Batik di Kampung Pesindon Kota Pekalongan.

Ayuning Citra Selaras Wijonarko(1), Sri Endah Wahyuningsih(2),


(1) Semarang State University
(2) 

Abstract

Penelitian ini terfokus pada (1) Menganalisis Perkembangan industri batik di Indonesia khususnya di kota dengan julukan batik, kota Pekalongan. (2) Menganalisis adanya penetapan ‘Kota Kreatif Dunia’ dan peresmian kampung Pesindon sebagai kampung batik, yang merupakan objek penelitian. (3) Menganalisis pengaruh inovasi produk terhadap dinamika industri batik di kampung Pesindon. Populasi penelitian ini yaitu seluruh industri batik di paguyuban kampung Pesindon yang berjumlah 32 orang. Sampel yang digunakan dilakukan uji formula penentuan sampel slovin dengan rentan toleransi kekeliruan sebesar 5%, sehingga ukuran sampel ditentukan sebesar 30 orang. Uji coba yang dilakukan penelitian di kampung Kauman Kota Pekalongan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan rumus alpha cronbach. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Statistik deskriptif menggunakan tabel distribusi frekuensi, dan grafik distribusi. Statistik inferensial diawali dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas data, uji linearitas, uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan koefesien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara inovasi produk batik dengan dinamika industri di Kampung batik Pesindon Kota Pekalongan. Kontribusi tersebut menjelaskan bahwa 83,3% menyatakan bahwa inovasi produk batik yang terbentuk baik. Dan 86,7% menyatakan bahwa dinamika industri yang terbentuk baik.

Keywords

Dinamika, industri batik, inovasi produk, Pekalongan

Full Text:

PDF

References

Anonim. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Departemen Pendidikan Kebudayaan.

Asian Productivity Organization. 2001. Achieving Higher Productivity Through GP. Tokyo:APO

Carlton, D.W, and Perloff, J.M. 2015. Modern Industrial Organization, 4th edition. Massachusetts, USA : Addison Wesley Longman, Inc.

Crawford, C. Merle; De Benedetto, C. Anthony. 2000. New Product Management. New York : McGraw-Hill.

Everet M, Rogers. 2003. Diffusion of innovation. 5th edition. New York : Free Press

Gatignon, Hubert dan Jean – Marc Xuerob. 1997. Strategic Orientation of The Firm and new Product Performance, Journal of Marketing Research. p.77-79.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Griffin. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan Dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan (Terjemahan). Jakarta. Erlangga.

Gumelar, B. 2015k. Strategi Pengembangan Industri Kecil Kripik Tempe Di Desa Karangtengah Prandon Kabupaten Ngawi. Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 1, Hal. 55-60

Halvorsen, Thomas, et al. 2005. On the differences between public and private sector innovations. Public report. Oslo

Harahap, A Dan Taryono. 2015. Analisis Perubahan Pendapatan Usaha Pedagang Eceran Sebelum Dan Sesudah Berdirinya Indomaret Dan Alfamart Di Kecamatan Tampan Pekanbaru. Jom FEKON Vol. 2 No. 2 Oktober 2015

Idrus, H.A. 1996. Kamus Umum Baku Bahasa Indonesia. Bintang Usaha : Surabaya.

Iglesias, L. (2014). 28 cities join the UNESCO Creative Cities Network. Retrieved from http://www.unesco.org/new/en/media-services/singleview/news/28_cities_join_the_unesco_creative_cities_network/#.VPx6g-EVT3t

Lin, C.Y., and Chen, M.Y. 2007. Does Innovation Lead toPerformance? An Empirical Study of SMEs in Taiwan. Management Research News. Vol. 30 No. 2 p.115-132

Mulyawan, M. B. 2018. “ Batik Pekalongan dari masa ke masaâ€. Busana Media Warna

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1984 tentang Perindustrian. Lembaran Negara RI Tahun 2008, No. 115. Sekretariat Negara. Jakarta.

Quinn, James Brian, 1985. Managing Innovation: Controlled Chaos.. Harvard Business Review, Vol. 63, Issue 3, p. 73-84 1985.

Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=1504499

Rademakers, Martin. 2005, “Corporate universities: driving force of knowledge innovationâ€, Journal of Workplace Learning; 17, 1/2; ABI/INFORM Global, pg. 130.

Rusdiana A. 2014. Konsep Inovasi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.

S. Djoemena, Nian. 1990. Ungkapan Sehelai Batik Its Mystery and Meaning. Jakarta: Djambatan.

Salma, I.R. 2013 Corak Etnik Dan Dinamika Batik Pekalongan, Jurnal Batik Pekalongan 3 (2). Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.