Aplikasi Insecta Crochet pada Knee Length Dress

Arina Hidayah(1), Marlina Marlina(2),


(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) 

Abstract

Karya tulis ini mengangkat bagaimana mengaplikasikan teknik crochet bentuk serangga pada knee length dress. Pengaplikasian bentuk serangga digunakan untuk menunjukkan bahwa Indonesia dengan kekayaan fauna terutama serangga masih menjadi perhatian sehingga masih relevan diaplikasikan pada busana yang masih diminati oleh banyak wanita. Tujuan penulisan untuk menggali kreativitas terhadap produk busana dengan menyatukan crochet dan busana dress dengan aplikasi crochet bertema insect. Metode yang digunakan dalam karya tulis ini adalah Problem based  Learning (PBL) atau Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) adalah metode pengajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk belajar berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah, dan memperoleh pengetahuan. Karya tulis ini menghasilkan proses kreatif pembuatan busana wanita berupa knee length dress dengan pengaplikasian insect crochet pada busana tersebut.

Keywords

Crochet; serangga; knee length dress.

Full Text:

PDF

References

Baderan, D. W. K., & Utina, R. (2021). Biodiversitas Flora Dan Fauna Pantai Biluhu Timur (Suatu Tinjauan Ekologi-Lingkungan Pantai). Deepublish.

Bagit, V. F. (2017). Orientasi Nilai Budaya di Kalangan Perempuan Terhadap Model Pakaian di Kota Manado. HOLISTIK, Journal of Social and Culture.

Burns, P., & Van Der Meer, R. (2021). Happy Hookers: findings from an international study exploring the effects of crochet on wellbeing. Perspectives in Public Health, 141(3), 149-157.

Ema, R. G. (2015). Identifikasi Kesulitan Belajar Mengait (Crochet) pada Siswa Kelas X di SMK Karya Rini Yogyakarta.

Karp, C. (2018). Defining crochet. Textile History, 49(2), 208-223.

Kirejtshuk, A. G. (2020). Taxonomic review of fossil coleopterous families (Insecta, Coleoptera). Suborder Archostemata: superfamilies Coleopseoidea and Cupedoidea. Geosciences, 10(2), 73.

P, D. P. I., Panggabean, R., & Sn, M. (2012). Eksplorasi Teknik Crochet Dengan Tema Warna Empat Musim Untuk Busana Muslimah.

http://pleazentry.blogspot.com/2010/12/pengertian-teknik-crochet-teknik.html

https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-3599-Nur-Asiyah.pdf

http://www.wisataarea.com/2015/05/flora-dan-fauna-di-indonesia.

https://en.wikipedia.org/wiki/Insect

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.