Pengembangan Multimedia Pembelajaran Mata Kuliah Teknik Buat Kain pada Prodi Pendidikan Tata Busana UNNES

Tisma Mutia(1), Sicilia Sawitri(2),


(1) Universitas Negei Semarang
(2) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan multimedia pembelajaran pada Prodi Pendidikan Tata Busana Unnes serta mengetahui kelayakannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang terdiri dari tiga tahap yaitu define, design, dan develop. Hasil penelitian produk menunjukan adanya kebutuhan multimedia pembelajaran pada Mata Kuliah Teknik Buat Kain. Hasil kelayakan multimedia pembelajaran oleh validator dari aspek materi diperoleh persentase sebesar 90% (sangat layak), dan aspek media sebesar 88% (sangat layak), sedangkan penilaian mahasiswa diperoleh persentase sebesar 88% (sangat layak). Simpulan dari penelitian ini adalah adanya kebutuhan multimedia pembelajaran dikarenakan multimedia pembelajaran mudah dioperasikan dan dapat digunakan untuk belajar secara mandiri. Tingkat kelayakan multimedia pembelajaran oleh dua ahli materi dan dua ahli media diperoleh rata-rata sebesar 89% (sangat layak), kemudian hasil penilaian mahasiswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 88% (sangat layak), sehingga multimedia pembelajaran dinyatakan layak digunkaan dalam pembelajaran Mata Kuliah Teknik Buat Kain. Saran yang dapat diberikan adalah peneliti yang ingin melakukan penelitian serupa disarankan untuk dapat melakukan penelitian hingga menguji keefektifan penggunaan multimedia pembelajaran.

Keywords

Multimedia; teknik buat kain; pengembangan

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Borovcnik, M., & Kapadia, R. 2009. Research Development in Probability Education. International Electronic Journal of Mathematics Education 4(1): 11 – 130.

Khayati, E. Z. 1994. Teknik Membuat Kain. Yogyakarta: FPTK IKIP Yogyakarta.

Khuzaini, N. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Trigonometri menggunakan Adobe Flash CS3 untuk Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 3(1): 88 – 89.

Prodi Pendidikan Tata Busana. 2018. Bahan Ajar Mata Kuliah Teknik Buat Kain. Semarang: UNNES.

Robleyer, M. D., & Doering, A. H. 2003. Integrating Educational Technology Into Teaching. Mahwal, NS: Person Education Inc.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabet.

Thiagarajan, S., dkk. 1974. Instructional Development of Training Teachers of Exceptional Children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System.

Vaughan, T. 2006. Multimedia Making It Work (terjemahan Theresia Ari Prabawati dan Agnes Heni Triyuliana). Yogyakarta: ANDI.

Yusuf, A. M. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash untuk Mata Kuliah Fisika Modern materi Radiasi Benda Hitam. Jurnal Sains Pendidikan Fisika 11(1): 57 – 71.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.