Analisis Kualitas Suminagashi pada Kain Poliester Satin, Campuran Poliester, dan Crepe

Afifah Widyaningrum(1), Rodia Syamwil(2),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) 

Abstract

Teknik marbling merupakan salah satu teknik pewarnaan yang memiliki potensi pengembangan yang sangat besar karena belum popular di masyarakat. Teknik marbling yang digunakan adalah suminagashi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas motif marbling dan ketahanan luntur warna terhadap pencucian pada jenis kain poliester satin, campuran poliester dan crepe. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Objek penelitian ini adalah jenis kain, zat warna dan pengental CMC. Pengujian kualitas motif marbling dan ketahanan luntur warna menggunakan uji organoleptik. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kualitas motif  marbling dengan kriteria baik adalah kain crepe. Ketiga jenis kain memiliki ketahanan luntur warna dengan kriteria baik. Simpulan dari penelitian ini adalah pewarnaan suminagashi memiliki kualitas motif marbling baik sampai sangat baik, ketahan luntur warna yang dihasilkan baik pada semua jenis kain. Saran dalam penelitian ini adalah mencetak motif marbling pada permukaan kain diperlukan ketelitian agar motif yang dibentuk tidak berubah.

Keywords

suminagashi; poliester satin; campuran poliester; crepe.

Full Text:

PDF

References

Amelia, F. I dan U. Wahyuningsih. 2020. Pengaruh Jenis Kain Terhadap Hasil Jadi Marbling. Vol. 9 Nomor 1. Hlm. 8-14.

Anggrian, M dan S. N. Lathifah. 2018. Komodifikasi Hijab dalam Budaya Visual Indonesia. Jurnal Seni Rupa dan Desain Vol. 22 Nomor 1. Hlm. 1-7

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aristi, D. 2013. Perbedaan Hasil Jadi Hand Painting pada Organdi Poliester Menggunakan Outliner Alginat dan Zat Warna Dispersi. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya : JPKK FT Unesa.

Fauziana, R dan Suhartiningsih. 2019. Pengaruh Jenis Satin Polyester Terhadap Hasil Jadi Pewarnaan Menggunakan Teknik Heat Transfer Printing. Vol. 8 Nomor 1. Hlm 31-35.

Fitriyaningtyas, S.I. dan T. R. Widyaningsih. 2015. Pengaruh Penggunaan Lesitin Dan Cmc Terhadap Sifat Fisik, Kimia, Dan Organoleptik Margarin Sari Apel Manalagi (Malus Sylfertris Mill) Tersuplementasi Minyak Kacang Tanah. Jurnal Pangan dan Agroindustri. Vol. 3 Nomor 1. Hlm. 226-236.

Hendrawan, A. 2017 . Pergeseran Teknik dan Material Marbling pada Tekstil sebagai Konsekuensi dari Perkembangan dan Inovasi. Vol. 27 Nomor 1. Hlm 1-14.

Ichsanti, S dan I. Russanti. 2018. Pengaruh Perbandingan Volume Cat Akrilik Dan Air Terhadap Hasil Jadi Marbling Padabahan Duchesse. Vol. 7 Nomor 2. Hlm. 120-124.

Khaerudin. 2013. Pengujian Bahan Tekstil 2. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Liao X, dkk. 2018. Superhydrophobic mGO/PDMS hybrid coating on polyester fabric for oil/ water separation. Jornal of South China University of Technology, Guangzhou 510640, China. Hlm. 172-180.

Paasen, W.J.G Van. dan J.R.Ruygrok. 1997. Pengetahuan Barang Tekstil Sederhana. Jakarta: Pradnya Paramita.

Poespo, Goet. 2005. “Pemilihan Bahan Tekstilâ€. Yogyakarta : PT Kanisius.

Ramugade, S.H., U. S. Warde. dan S. Nagaiyan. 2019. Azo dyes with ESIPT core for textile application sand DFT study. Jornal of Department of Dyestuff Technology, Instituteof Chemical Technology, Matunga, Mumbai, 400019, India. Hlm. 1-10.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.