Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Video Tutorial pada Materi Menggambar Busana secara Digital

Immanuela Desvianasari(1), Wulansari Prasetyaningtyas(2),


(1) 
(2) 

Abstract

Kompetensi membuat desain busana secara digital terbilang menjadi hal baru bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Busana sehingga keterampilan mahasiswa mengenai desain busana secara digital belum cukup terlatih, belum lagi waktu pembelajaran yang terbatas. Tujuan penelitian ini adalah terciptanya video tutorial membuat desain busana secara digital dan mengetahui seberapa layak produk tersebut sebagai bantuan belajar secara mandiri berdasarkan ahli media dan ahli materi. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang di modifikasi oleh Sugiyono. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisi data desriptif persentatif. Hasil penelitian ini produk dinyatakan layak digunakan menurut ahli media dan ahli materi, dengan persentase ahli media 71,6% dan ahli materi 86,6%. Kesimpulan penelitian ini adalah produk video tutorial membuat desain busana secara digital berupa video dengan format mp4 layak digunakan sebagai bantuan belajar secara mandiri. Saran dalam penelitian ini adalah perlu dilakukan penelitian lanjutan berupa digunakannya video tutorial membuat desain busana secara digital sebagai media pembelajaran yang penggunaannya didalam kelas atau selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

Keywords

pengembangan media pembelajaran; video tutorial; menggambar busana secara digital

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Cetakan Ke-2. Jakarta:

Bumi Aksara.

_______. 2013. Prosedur Penelitian. Cetakan Ke-15. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Baidowi, A. 2015. Kegunaan, Fungsi, Manfaat dari Aplikasi Software Adobe Illutrator. http://www.ardilas.com/2015/06/kegunaan-fungsi-manfaat-dari-aplikasi-software-adobe-illustrator.html . 12 Januari 2019.

Bawantara, Agung. 2005. Panduan Membuat Video Keluarga (Membuat Story Board/Story Line, Teknik Syuting, Teknik Editing, Teknik Mengisi Suara). Jakarta: Kawan Putaka.

Borg, W. R., & Gall. 2003. Educational Research: An Introduction (4th ed.). New York: Longman.

Himawan, M., & Patimah, S. S. 2014. Teknik Gampang Desain Busana. Jakarta Barat: Prima.

Munthe, B. 2009. Desain Pembelajaran. Depok: Insan Madani.

Purwanti, B. 2015. Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan,

Vol. 3, No. 1, 42-47.

Riyato, A. A. & Zulbahri, L. 2009. Modul Dasar Busana. Bandung: Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuanitatif Kualitaif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sulistiawati, dkk. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Dalam Bentuk CD Tutorial Materi Desain Grafis Bagi Siswa SMA Pesawaran. Jurnal FKIP Unila.

Wind, A. 2015. Jago membuat video tutorial. Jakarta: Dunia Komputer.

Yoga. 2005. Desain Packaging dengan Adobe Illusstrator. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.