Penerapan Embellishment pada Inovasi Busana Etnik Nusa Tenggara Timur dengan Inspirasi Burung Garugiwa

Sarah Rizki Nursyifa(1), Asri Andarini Nurlita(2),


(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Burung dengan nama latin Pachycephala Nudigula atau burung Garugiwa merupakan satwa endemik yang menghuni kawasan Taman Nasional Kelimutu, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Ciri khas burung Garugiwa, yaitu memiliki suara yang sangat nyaring, termasuk ke dalam jenis burung cerdas karena mampu menirukan suara dari lingkungan sekitarnya  dan terkenal dengan keragaman kicauannya yang tersusun dari 12 nada yang berbeda. Keunikan burung garugiwa menjadi inspirasi bentuk dan hiasan dekoratif dalam penerapan embellishment pada inovasi busana etnik untuk kesempatan pesta. Embellishment merupakan ornamen untuk menghias permukaan tekstil dengan berbagai macam teknik misalnya: penambahan warna, pola, tekstur atau desain ke kain melalui penggunaan media luar. Salah satu penerapan embellishment yang banyak digunakan adalah lekapan bordir dan payet. Teknik tersebut banyak dipilih sebagai penambah aksen dekoratif terutama pada busana pesta. Busana pesta termasuk ke dalam houte couture, yaitu busana berkualitas tinggi dengan  eksklusivitas pada bahan, desain, dan kriteria pengerjan. Metode yang digunakan yaitu Project Based Learning dengan hasil penelitian terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan seperti: pemilihan bentuk atau motif, ukuran, dan warna agar hasilnya lebih maksimal

Keywords

burung Garugiwa, embellishment, inovasi busana etnik

Full Text:

PDF

References

Anggraeni, T., & Prihatini, P. T. (2017). Eksplorasi Motif Blue Lace Agate sebagai Hiasan pada Busana Pesta Siang. Fesyen Perspektif, 8, 117.

Banda, K. A. (2016). Motivasi Wisatawan Nusantara Pada Penilaian Destinasi di Taman Nasional Kelimutu NTT. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Ismayanti, & al, e. (2020). Rancangan Pola Perjalanan Overland Wonderful Flores. Jakarta: Universitas Sahid.

Kristanti, Y., Subiki, S., & Handayani, R. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 5(2), 116319.

Maeliah, M., & P, P. T. (2020). Inovasi Busana etnik.

Nurdhani, D. P., & Wulandari, D. (2016). Teknik Dasar Bordir. Jakarta: Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan.

Nurwidyaningsih. (2011). Studi Tentang Pelaksanaan Model Pembelajaran Langsung Menghias Bandana dengan Teknik Sulaman.

Pratama, H., & Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 44. https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p44-50

Suhersono, H. (2006). Desain Bordir Motif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.