IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH SEBAGAI WAHANA PENGEMBANGAN KARAKTER PADA DIRI SISWA

Margi Wahono(1), AT Sugeng Priyanto(2),


(1) Dosen Jurusan Politik dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang
(2) Dosen Jurusan Politik dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk melakukan identifikasi dan mendeskripsikan kondisi pengembangan pendidikan karakter dalam budaya sekolah di SMP se-Kota Semarang. Tema penelitian ini sejalan dengan visi dan missi Universitas Negeri Semarang yang mengembangkan ―wawasan konservasi‖, mestinya di dalamnya terkandung muatan penguatan pendidikan karakter dalam konservasi nilai-nilai sosial. Temuan yang didapat dari hasil penelitian ini adalah 1). bahwasannya sekolah yang telah menerapkan budaya sekolah secara optimal memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang lebih baik dibandingkan dengan sekolah yang belum menerapkan budaya sekolah sebagai pengembangan karakter siswa; 2) Budaya sekolah memiliki peran strategis dalam mengembangkan karakter pada diri siswa. Rekomendasi dari penelitain ini salah satunya adalah bahwa pendidikan karakter perlu terus dikembangkan dipersekolahan agar tercipta siswa yang memiliki good character dan menjadi smart and good citizen

Keywords

Budaya; karakter; sekolah

Full Text:

PDF

References

Azra, Azyumardi. Agama, Budaya, dan Pendidikan Karakter Bangsa. 2006

Elkind, David H. dan Sweet, Freddy. How to Do Character Education. Artikel yang diterbitkan pada bulan September/Oktober 2004.

Kementerian Pendidikan Nasional, Badan penelitian dan pengembangan, Pusat kurikulum.2011, Pengembangan

pendidikan budaya dan karakter bangsa pedoman sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama.

Kennedy, M. 1991, Some Surprising Finding on How Teachers Learn to Teach,Educational Leadership. Lickona Thomas, Educating for Character: How Our Schools Can

Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books, 1992.

Lickona, Thomas; Schaps, Eric, dan Lewis, Catherine. Eleven Principles of Effective Education. Character Partnership, 2007.

Megawangi, Ratna. Pengembangan Program Pendidikan Karakter di Sekolah: Pengalaman Karakter, 2010. Parkay, Forrest W. dan Stanford,Beverly

H. 2011, Menjadi Guru, Jakarta: PT Indeks. Samani, Muchlas, Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung Remaja Rosdakarya.

Tilaar, HAR. 2002, Pendidikan Kebudayaan, dan Masyarakat Indonesia, Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats